Buku Fisika Dasar II : Mikrajuddin Abdullah

0
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Buku ini berisi materi Fisika Dasar  II yang diajarkan di semester kedua  tingkat  pertama  fakultas sains dan teknik  di perguruan tinggi negeri  maupun swasta. Materi utama mencakup  kelistrikan,  kemagnetat, gelombang, relativitas khsus,  dan  pengenalan teori kuantum atom.  Materi tentang mekanika dan termodinamika telah dibahas dalam buku Fisika Dasar I.

Penulisan ini dimotivasi oleh ketiadaan buku kuliah fisika dasar yang ditulis oleh dosen dalam negeri selama berpuluh-puluh tahun.  Seperti  buku Fisika Dasar I, bentuk awal buku ini berupa diktat kuliah yang dilengkapi secara terus menerus hingga mencapai bentuk seperti ini. 

Berbeda dengan buku sejenis, pada buku ini juga dibahas sejumlah fenomena  yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dengan konsep yang sedang dipelajari. Mudah-mudahan dengan pendekatan seperti ini materi kuliah Fisika Dasar menjadi lebih menarik dan mahasiswa menyadari bahwa aplikasi konsep-konsep fisika dijumpai mulai dari fenomena sederhana  yang ada di sekitar kita hingga peralatan teknologi canggih. 


Jika materi dalam buku fisika dasar memiliki kesulitan yang serupa dengan materi fisika di sekolah menengah maka mahasiswa akan merasa cepat bosan. Karena di sekolah menengah para siswa telah diajarkan materi diferensial, integral, dan vektor maka dalam buku ini banyak dijumpai operasi semacam ini, namun  tetap dalam bentuk yang dapat dipahami mahasiswa tingkat satu. 

Pada bab akhir juga dikenalkan metode numerik untuk menyelesaikan  persoalan fisika yang tidak dapat diselesaikan atau sulit diselesaikan secara analitik. Software yang digunakan hanyalah Microsoft Excel yang dijumpai pada semua komputer.  Program  Wolfram Alpha  yang tersedia secara gratis di internet juga diperkenalkan.  Materi ini dikenalkan agar pada mahasiswa sadar bahwa penyelesaian persoalan fisika tidak  semata-mata dengan metode analitikseperti yang dipelajari selama ini. Justru banyak persoalan fisika yang harus diselesaikan secara numerik.



Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)
Jika artikel ini bermanfaat, mohon untuk berkomentar di bawah ini: