Alur Tujuan Pembelajaran Fisika X Kurikulum Merdeka

13
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ اارَّØ­ِيم



CAPAIAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN FISIKA SMA FASE E

 

Pada  akhir  fase  E,  peserta  didik  memiliki  kemampuan  untuk responsif   terhadap   isu-isu   global   dan   berperan   aktif   dalam memberikan  penyelesaian  masalah.  Kemampuan  tersebut  antara lain mengamati, mempertanyakan dan memprediksi, merencanakan dan melakukan penyelidikan, memproses dan menganalisis data dan informasi,  mengevaluasi  dan  refleksi,  mengkomunikasikan  hasil dalam bentuk projek sederhana atau simulasi visual menggunakan aplikasi  teknologi  yang  tersedia  terkait  dengan  energi  alternatif, pemanasan   global,   pencemaran   lingkungan, teknologi nano,  bioteknologi,  kimia  dalam  kehidupan  sehari-hari,  pemanfaatan limbah dan bahan alam, pandemi akibat infeksi virus. Semua upaya tersebut  diarahkan  pada  pencapaian  tujuan  pembangunan  yang berkelanjutan  (Sustainable  Development  Goals/SDGs).  Melalui pengembangan sejumlah pengetahuan tersebut dibangun pula berakhlak mulia dan sikap ilmiah seperti jujur, obyektif, bernalar kritis, kreatif, mandiri, inovatif, bergotong  royong berkebhinekaan global.

Elemen

Capaian Pembelajaran

Pemahaman Fisika

Peserta didik mampu mendeskripsikan gejala alam dalam cakupan keterampilan proses dalam pengukuran, perubahan iklim dan pemanasan global, pencemaran lingkungan, energi alternatif, dan pemanfaatannya.

Keterampilan proses

Mengamati

Peserta didik mampu mengoptimalkan potensi menggunakan ragam alat bantu untuk melakukan pengukuran dan pengamatan.

 

Mempertanyakan dan memprediksi

Peserta didik mampu mempertanyakan dan memprediksi berdasarkan hasil observasi, mampu merumuskan permasalahan yang ada dan mampu mengajukan pertanyaan kunci untuk menyelesaikan masalah.

 

Merencanakan dan melakukan penyelidikan

·        Peserta didik mengidentifikasi latar belakang masalah, merumuskan tujuan, dan menggunakan referensi dalam perencanaan penyelidikan/penelitian.

·        Peserta didik membedakan variabel, termasuk yang dikendalikan dan variabel bebas, menggunakan instrumen yang sesuai dengan tujuan penyelidikan.

·        Peserta didik menentukan langkah langkah kerja dan cara pengumpulan data.

 

Memproses, menganalisis data dan informasi

·        Peserta didik menyiapkan peralatan/ instrumen yang sesuai untuk penelitian ilmiah, menggunakan alat ukur secara teliti dan benar, mengenal keterbatasan dan kelebihan alat ukur yang dipakai.

·        Peserta didik menerapkan teknis/ proses pengumpulan data, mengolah data sesuai jenisnya/sesuai keperluan, menganalisis data dan menyimpulkan hasil penelitian serta memberikan rekomendasi tindak lanjut/saran dari hasil penelitian.

 

Mencipta

Peserta didik mampu menggunakan hasil analisis data dan informasi untuk menciptakan ide solusi ataupun rancang bangun untuk menyelesaikan suatu permasalahan.

 

Mengevaluasi dan refleksi

·        Peserta didik berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, mengembangkan keingintahuan, dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

·        Peserta didik mengajukan argumentasi ilmiah dan kritis berani mengusulkan perbaikan atas suatu kondisi dan bertanggung jawab terhadap usulannya.

·        Peserta didik bersikap jujur terhadap temuan data/fakta.

 

 

Mengomunikasikan hasil

·    Peserta didik menyusun laporan tertulis hasil penelitian serta mengomunikasikan hasil penelitian, prosedur perolehan data, cara mengolah dan cara menganalisis data serta mengomunikasikan kesimpulan yang sesuai untuk menjawab masalah penelitian /penyelidikan secara lisan atau tulisan.

·    Peserta didik menyajikan hasil pengolahan data dalam bentuk tabel, grafik, diagram alur/ flowchart dan/atau peta konsep, menyajikan data dengan simbol dan standar internasional dengan benar, dan menggunakan media yang sesuai dalam penyajian hasil pengolahan data.

·    Peserta didik mendeskripsikan kecenderungan hubungan, pola, dan keterkaitan variabel dan menggunakan bahasa, simbol dan peristilahan yang sesuai untuk bidang fisika.



ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN FISIKA SMA 

FASE E KELAS X

 

BAB 1 Hakikat Fisika, Besaran, dan Pengukurannya

 

Tujuan Pembelajaran

1.    Peserta didik dapat mengidentifikasi macam-macam alat ukur berdasarkan besaran yang akan diukur.

2.    Peserta didik dapat mengidentifikasi besaran-besaran berdasarkan dimensinya.

3.    Peserta didik dapat menggunakan alat ukur yang sesuai dengan benda yang akan diukur.

4.    Peserta didik dapat menentukan hasil pengukuran dengan alat ukur dilengkapi nilai ketidakpastian pengukuran tunggal dan berulang.

5.    Peserta didik dapat menyajikan hasil pengukuran dan melakukan pengolahan data dengan aturan angka penting dan notasi ilmiah.

6.    Membuat kesimpulan dari hasil percobaan.

7.    Mengomunikasikan hasil percobaan secara lisan maupun tertulis.

Alur Tujuan Pembelajaran

Elemen:

Pemahaman Fisika

Profil Pelajar Pancasila:

Mandiri, Bergotong-royong, Bernalar kritis

Capaian Pembelajaran:

Peserta didik mampu mendeskripsikan gejala alam dalam cakupan keterampilan proses dalam pengukuran, perubahan iklim dan pemanasan global, pencemaran lingkungan, energi alternatif, dan pemanfaatannya.

 

Keterampilan Proses : mengamati, mempertanyakan dan memprediksi, merencanakan dan melakukan penyelidikan, memproses, menganalisis data dan informasi, mencipta, mengevaluasi dan refleksi, mengomunikasikan hasil.

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

Jenis Alat Ukur

Peserta didik dapat mengidentifikasi macam-macam alat ukur berdasarkan besaran yang akan diukur.

1

3

Peserta didik dapat mengidentifikasi besaran-besaran berdasarkan dimensinya.

Pengukuran

Peserta didik dapat menggunakan alat ukur yang sesuai dengan benda yang akan diukur.

1

3

Pengukuran, Angka penting

Peserta didik dapat menentukan hasil pengukuran dengan alat ukur dilengkapi nilai ketidakpastian pengukuran tunggal dan berulang

 

1

3

Peserta didik dapat menyajikan hasil pengukuran dan melakukan pengolahan data dengan aturan angka penting dan notasi ilmiah.

3

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

12


 

 

Elemen:

Keterampilan proses

 

Capaian Pembelajaran:

Peserta didik mampu mendeskripsikan gejala alam dalam cakupan keterampilan proses dalam pengukuran, perubahan iklim dan pemanasan global, pencemaran lingkungan, energi alternatif, dan pemanfaatannya.

 

Keterampilan Proses : mengamati, mempertanyakan dan memprediksi, merencanakan dan melakukan penyelidikan, memproses, menganalisis data dan informasi, mencipta, mengevaluasi dan refleksi, mengomunikasikan hasil.

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

Pengukuran

Membuat kesimpulan dari hasil percobaan.

1

3

Mengomunikasikan hasil percobaan secara lisan maupun tertulis.

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

3


BAB 2 Sumber Energi

 

Tujuan Pembelajaran

1.  Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis energi, serta mendeskripsikan perubahan energi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

2.  Peserta didik dapat menganalisis masalah sumber energi beserta dampaknya dalam kehidupan masyarakat modern.

3.  Peserta didik dapat mengidentifikasi dan mendeskripsikan sumber energi alternatif.

4.  Peserta didik menganalisis transformasi energi pada produk teknologi.

5.  Peserta didik dapat membuat desain produk kreatif dalam bidang energi terbarukan, kemudian menguji coba produk tersebut.

Alur Tujuan Pembelajaran

Elemen:

Pemahaman konsep

Profil Pelajar Pancasila:

Kreatif, Bergotong-royong, Bernalar kritis

Capaian Pembelajaran:

Peserta didik mampu mendeskripsikan gejala alam dalam cakupan keterampilan proses dalam pengukuran, perubahan iklim dan pemanasan global, pencemaran lingkungan, energi alternatif, dan pemanfaatannya.

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

Energi dalam Fisika

Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis energi, serta mendeskripsikan perubahan energi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

2

3

Peserta didik dapat menganalisis masalah sumber energi beserta dampaknya dalam kehidupan masyarakat modern.

Sumber energi Alternatif

Peserta didik dapat mengidentifikasi dan mendeskripsikan sumber energi alternatif.

2

3

Peserta didik menganalisis transformasi energi pada produk teknologi.

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

6

 

Elemen:

Keterampilan proses

 

Capaian Pembelajaran:

Peserta didik mampu mendeskripsikan gejala alam dalam cakupan keterampilan proses dalam pengukuran, perubahan iklim dan pemanasan global, pencemaran lingkungan, energi alternatif, dan pemanfaatannya.

 

Keterampilan Proses : mengamati, mempertanyakan dan memprediksi, merencanakan dan melakukan penyelidikan, memproses, menganalisis data dan informasi, mencipta, mengevaluasi dan refleksi, mengomunikasikan hasil.

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

Energi Alternatif

Peserta didik dapat membuat desain produk kreatif dalam bidang energi terbarukan, kemudian menguji coba produk tersebut.

1

3

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

3


 

BAB 3 Gejala Pemanasan Global

 

Tujuan Pembelajaran

  1. 1.    Peserta didik dapat mengidentifikasi macam-macam gas rumah kaca.
  2. 2.    Peserta didik dapat mengidentifikasi penyebab terjadinya pemanasan global.
  3. 3.    Peserta didik dapat menganalisis pemanasan global dan dampaknya bagi kehidupan serta lingkungan.
  4. 4.    Peserta didik dapat mengajukan gagasan untuk memperlambat dampak pemanasan global melalui produk, kemudian mengevaluasi, memperbaiki, dan mempresentasikan produknya secara lisan.
  5. 5.    Peserta didik dapat menyampaikan saran dan pendapat mengenai hal-hal yang harus dilakukan untuk mengurangi terjadinya pemanasan global.

Alur Tujuan Pembelajaran

Elemen:

Pemahaman konsep

Profil Pelajar Pancasila:

Mandiri; Bergotong-royong; Kreatif; Beriman, betakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia

Capaian Pembelajaran:

Peserta didik mampu mendeskripsikan gejala alam dalam cakupan keterampilan proses dalam pengukuran, perubahan iklim dan pemanasan global, pencemaran lingkungan, energi alternatif, dan pemanfaatannya.

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

Penyebab Pemanasan Global

Peserta didik dapat mengidentifikasi macam-macam gas rumah kaca.

3

3

Peserta didik dapat mengidentifikasi penyebab terjadinya pemanasan global.

Dampak pemanasan global

Peserta didik dapat menganalisis pemanasan global dan dampaknya bagi kehidupan serta lingkungan.

3

3

Peserta didik dapat menyampaikan saran dan pendapat mengenai hal-hal yang harus dilakukan untuk mengurangi terjadinya pemanasan global.

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

6

 

Elemen:

Keterampilan proses

 

Capaian Pembelajaran:

Peserta didik mampu mendeskripsikan gejala alam dalam cakupan keterampilan proses dalam pengukuran, perubahan iklim dan pemanasan global, pencemaran lingkungan, energi alternatif, dan pemanfaatannya.

 

Keterampilan Proses : mengamati, mempertanyakan dan memprediksi, merencanakan dan melakukan penyelidikan, memproses, menganalisis data dan informasi, mencipta, mengevaluasi dan refleksi, mengomunikasikan hasil.

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

Pemanasan Global

Peserta didik dapat mengajukan gagasan untuk memperlambat dampak pemanasan global melalui produk, kemudian mengevaluasi, memperbaiki, dan mempresentasikan produknya secara lisan.

3

9

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

9

 

ATP di atas dibuat oleh Ni Ketut Lasmi


Untuk Modul Ajarnya bisa di lihat di: Modul Ajar Fisika X Pertemuan 1


Posting Komentar

13Komentar
Posting Komentar