MATERI FISIKA XI : BAB 1 ROTASI BENDA TEGAR

0
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم



Pernahkan kalian memikirkan sebab bangunan pencakar langit dapat berdiri kokoh? Atau sebab jembatan tidak roboh walaupun di atasnya dilewati bermacam-macam kendaraan yang berat? Atau sebab kalian dapat berdiri tegak?

Bangunan pencakar langit dapat berdiri kokoh, jembatan dapat bergantung kuat,atau kalian dapat berdiri tegak disebabkan karena berada dalam keadaan seimbang.

Keseimbangan benda penting dipelajari karena banyak bidang ilmu yang menerapkannya. Misalnya, bidang arsitek atau teknik sipil (merancang dan mendesain rumah kokoh), bidang olahraga, (yudo, senam, dan tinju), dan bidang medis atau terapi (kekuatan otot untuk menjaga keseimbangan tubuh).

Sesuai hukum I Newton, keseimbangan dapat kalian bedakan menjadi dua macam, yaitu keseimbangan statis (keseimbangan benda ketika dalam keadaan diam) dan keseimbangan dinamis (keseimbangan benda ketika bergerak dengan kecepatan konstan). Pada bab ini kalian akan membahas keseimbangan statis yang terjadi pada partikel maupun pada benda tegar. Materi Rotasi benda Tegar dan Kesetimbangan Benda Tegar dapat dipelajari pada materi berikut ini: 

 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)
Jika artikel ini bermanfaat, mohon untuk berkomentar di bawah ini: