MATERI FISIKA XII : BAB 1 RANGKAIAN ARUS SEARAH

Selasa, 18 Agustus 20200 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم



Pada kehidupan sehari-hari, kalian sering menjumpai adanya rangkaian listrik, mulai dari rangkaian listrik yang sederhana sampai rangkaian yang sangat rumit. Pernahkah kalian mengamati rangkaian listrik pada lampu senter, radio, atau televisi? Pernahkah kalian berpikir mengapa lampu senter, radio, dan televisi dapat berfungsi?

Listrik terbentuk karena energi mekanik dari generator yang menyebabkan perubahan medan magnet di sekitar kumparan. Perubahan ini menyebabkan timbulnya aliran muatan listrik pada kawat/penghantar. Aliran muatan listrik pada kawat dikenal sebagai arus listrik. Aliran muatan dapat berupa muatan positif (proton) dan muatan negatif (elektron). Aliran listrik yang mengalir pada penghantar dapat berupa arus searah atau direct current (DC) dan dapat berupa arus bolak-balik atau alternating current (AC).

Pada bab ini, Anda akan mempelajari besaran-besaran listrik, rangkaian listrik, dan penerapan alat listrik dalam kehidupan sehari-hari. Kalian juga dituntut untur dapat mengunakan alat ukur listrik. Materi Rangkaian Arus Searah dapat dipelajari lebih dalam di berikut ini: 

Silakan bagikan artikel ini :

Posting Komentar

 
Admin : Mr. Iksan
No Copyright © 2011. GENERASI FISIKA