News :
Loading...
Sesungguhnya pada langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasan-Nya bagi orang-orang yang beriman. (QS Al - Jaatsiyah: 3)

MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

header ads

Fisika Atom dan Radioaktivitas

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Tidak selamanya nuklir membahayakan manusia. Apabila digunakan untuk hal yang benar, teknologi nuklir akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan. Seperti terlihat pada gambar di atas, varietas padi Mira-1 merupakan salah satu bibit unggul hasil riset nuklir. Tidak hanya dalam pertanian, nuklir juga bermanfaat dalam bidang kedokteran, kimia, dan dalam penyediaan energi listrik. Bagaimanakah proses pembuatan padi varietas unggul melalui proses nuklir? Bagaimana proses reaksi nuklir sehingga dapat menyediakan energi listrik yang sangat besar? Temukan jawabannya dalam bab ini.

Radioisotop dapat meningkatkan kesejahteraan umat manusia, tetapi juga dapat menghancurkan umat manusia. Peristiwa bom atom di Kota Hiroshima dan Nagasaki, Jepang merupakan peristiwa yang tidak pernah terlupakan. Bom yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat selama tahap akhir Perang Dunia II pada tahun 1945 tersebut menjadi satu-satunya penggunaan senjata nuklir dalam perang. Penyalahgunaan ilmu pengetahuan sangat membahayakan umat manusia. Tidak hanya menewaskan ribuan korban, efek radiasi menyebabkan penyakit berbahaya bagi korban-korban yang selamat. Bahkan air hujan pun mengandung zat radioaktif yang membahayakan. 

Meskipun demikian, teknologi nuklir memberikan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia apabila dimanfaatkan dengan benar. Berbagai produk hasil riset nuklir telah ditemukan. Hingga tahun 2013, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN ) telah berhasil menciptakan 20 varietas padi unggul, 8 varietas kedelai, 2 varietas kacang hijau, serta 1 varietas sorgum dan gandum tropis. BATAN secara intensif terus melakukan penelitian dan pengembangan untuk menciptakan varietas unggul baru. Zat-zat radioaktif juga bermanfaat dalam bidang kesehatan misalnya I-131 yang dapat mendeteksi kerusakan pada kelenjar gondok, atau dalam bidang hidrologi misalnya Na-24 yang digunakan untuk untuk mendeteksi kebocoran pipa.

Posting Komentar

0 Komentar