Buku IPA ini digunakan oleh peserta didik kelas X jenjang SMA sebagai buku teks yang menjadi sumber belajar utama. Buku ini terdiri dari delapan bab. Setiap babnya diawali dengan konteks atau tema yang dapat dengan mudah ditemukan di sekitar peserta didik, yang berkaitan dengan materi sains yang akan dibahas. Peserta didik diajak untuk memiliki kesadaran sebagai warganegara global yang bertanggung jawab untuk merespon isu-isu global. Peserta didik dapat berkontribusi menyelesaikan isu-isu global yang sedang terjadi itu misalnya pandemik virus Covid-19, pencemaran lingkungan, pemanasan global, ketahanan pangan, peluangan pemanfaatan sumberdaya alam berbasis teknologi terkini, sumber energi ramah lingkungan, dan lain-lain yang dapat dilakukan dari rumah masing-masing.
Bab 1 tentang Pengukuran yang mendorong 
peserta didik untuk menyadari pentingnya melakukan pengukuran dengan 
teliti dan presisi, serta menggunakan alat ukur yang sesuai, sehingga 
pengetahuan dan keterampilan tersebut dapat digunakan untuk memecahkan 
masalah dalam kehidupan sehari-hari. 
Bab 2 membahas tentang virus, 
bagaimana virus bereproduksi dan apa peranan virus, sehingga peserta didik 
dapat menemukan sebuah solusi dalam mencegah penyebaran virus yang 
menyebabkan penyakit. 
Bab 3 berisi ulasan kimia hijau yang mendorong 
peserta didik untuk mengenal dan menyadari pentingnya prinsip kimia hijau 
dan reaksi kimia hijau. Prinsip ini harus selalu menyertai semua kegiatan 
baik dalam dunia industri, perkantoran, sekolah, aktivitas masyarakat, dan 
rumah tangga. 
Bab 4 memberi landasan kimia kepada peserta didik yaitu 
ulasan konsep teoretis maupun hitungan hukum-hukum dasar kimia yang 
dapat diterapkan dalam menyelesaikan permasalahan sederhana yang terjadi 
dalam kehidupan sehari-hari. 
Bab 5 memberi wawasan kepada peserta didik 
sehingga memiliki rasa ingin tahu terhadap unsur-unsur logam tanah jarang 
sebagai nanomaterial dalam perkembangan nanoteknologi. Ulasan konsep 
teoretis dibahas berdasarkan sudut pandang ilmu kimia yaitu struktur atom, 
konfigurasi elektron, dan jari-jari atom sebagai sifat periodik unsur. 
Bab 6 membahas mengenai krisis kebutuhan energi yang sedang terjadi saat 
ini. Dengan wawasan yang dimiliki peserta didik tentang macam-macam 
bentuk energi dan sumber energi yang tersedia di sekitar tempat tinggal 
dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan energi, minimal untuk 
konsumsi energi pribadi. Selain itu, wawasan mengenai energi ini diharapkan 
dapat menumbuhkan sikap bijak dalam menggunakan energi, sehingga 
memiliki gaya hidup yang lebih ramah energi. 
Pada bab 7, peserta didik 
belajar memahami bahwa makhluk hidup beranekaragam dan pentingnya 
keanekaragaman, pengelompokkan makhluk hidup dan interaksi makhluk 
hidup dalam ekosistem sehingga peserta didik dapat menemukan solusi 
pemanfaatan secara bijak spesies tertentu untuk menjaga keseimbagan 
ekosistem. 
Bab 8 
merupakan terapan IPA terpadu yang mengajak peserta didik untuk 
membuka wawasan terhadap perubahan iklim global yang sedang terjadi 
saat ini serta solusinya.  
Berikut ini materi selengkapnya:

