MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

header ads
Sesungguhnya pada langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasan-Nya bagi orang-orang yang beriman. (QS Al - Jaatsiyah: 3)

Bahan Ajar IPA (Fisika, Kimia, Biologi) SMA/MA X Kurikulum Merdeka

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Buku IPA ini digunakan oleh peserta didik kelas X jenjang SMA sebagai buku teks yang menjadi sumber belajar utama. Buku ini terdiri dari delapan bab. Setiap babnya diawali dengan konteks atau tema yang dapat dengan mudah ditemukan di sekitar peserta didik, yang berkaitan dengan materi sains yang akan dibahas. Peserta didik diajak untuk memiliki kesadaran sebagai warganegara global yang bertanggung jawab untuk merespon isu-isu global. Peserta didik dapat berkontribusi menyelesaikan isu-isu global yang sedang terjadi itu misalnya pandemik virus Covid-19, pencemaran lingkungan, pemanasan global, ketahanan pangan, peluangan pemanfaatan sumberdaya alam berbasis teknologi terkini, sumber energi ramah lingkungan, dan lain-lain yang dapat dilakukan dari rumah masing-masing. 

Bab 1 tentang Pengukuran yang mendorong peserta didik untuk menyadari pentingnya melakukan pengukuran dengan teliti dan presisi, serta menggunakan alat ukur yang sesuai, sehingga pengetahuan dan keterampilan tersebut dapat digunakan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. 

Bab 2 membahas tentang virus, bagaimana virus bereproduksi dan apa peranan virus, sehingga peserta didik dapat menemukan sebuah solusi dalam mencegah penyebaran virus yang menyebabkan penyakit. 

Bab 3 berisi ulasan kimia hijau yang mendorong peserta didik untuk mengenal dan menyadari pentingnya prinsip kimia hijau dan reaksi kimia hijau. Prinsip ini harus selalu menyertai semua kegiatan baik dalam dunia industri, perkantoran, sekolah, aktivitas masyarakat, dan rumah tangga. 

Bab 4 memberi landasan kimia kepada peserta didik yaitu ulasan konsep teoretis maupun hitungan hukum-hukum dasar kimia yang dapat diterapkan dalam menyelesaikan permasalahan sederhana yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. 

Bab 5 memberi wawasan kepada peserta didik sehingga memiliki rasa ingin tahu terhadap unsur-unsur logam tanah jarang sebagai nanomaterial dalam perkembangan nanoteknologi. Ulasan konsep teoretis dibahas berdasarkan sudut pandang ilmu kimia yaitu struktur atom, konfigurasi elektron, dan jari-jari atom sebagai sifat periodik unsur. 

Bab 6 membahas mengenai krisis kebutuhan energi yang sedang terjadi saat ini. Dengan wawasan yang dimiliki peserta didik tentang macam-macam bentuk energi dan sumber energi yang tersedia di sekitar tempat tinggal dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan energi, minimal untuk konsumsi energi pribadi. Selain itu, wawasan mengenai energi ini diharapkan dapat menumbuhkan sikap bijak dalam menggunakan energi, sehingga memiliki gaya hidup yang lebih ramah energi. 

Pada bab 7, peserta didik belajar memahami bahwa makhluk hidup beranekaragam dan pentingnya keanekaragaman, pengelompokkan makhluk hidup dan interaksi makhluk hidup dalam ekosistem sehingga peserta didik dapat menemukan solusi pemanfaatan secara bijak spesies tertentu untuk menjaga keseimbagan ekosistem. 

Bab 8 merupakan terapan IPA terpadu yang mengajak peserta didik untuk membuka wawasan terhadap perubahan iklim global yang sedang terjadi saat ini serta solusinya.  

Berikut ini materi selengkapnya:


Posting Komentar

0 Komentar