MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

header ads
Sesungguhnya pada langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasan-Nya bagi orang-orang yang beriman. (QS Al - Jaatsiyah: 3)

Keindahan Alam Semesta Terpotret Oleh Teleskop James Webb

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Allah berfirman: "Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam". (QS: Al A'raaf: 54)


Carina Nebula 

Tebing kosmik & lautan bintang. Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA mengungkapkan bintang bayi kosmik di Nebula Carina, di mana radiasi ultraviolet dan angin bintang membentuk dinding debu dan gas yang sangat besar.


Stephan's Guintet 

Ditangkap dengan sangat detail, Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA mengintip melalui debu tebal Guintet Stephan, sebuah gugus galaksi yang menunjukkan gelombang kejut besar dan ekor pasang surut. Ini adalah kursi barisan depan untuk evolusi galaksi.

Southern Ring Nebula 

Dalam gambar nebula planet Cincin Selatan ini, Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA menunjukkan bintang sekarat yang diselimuti debu dan lapisan cahaya. 


Webb's First Deep Field 

Angkasa itu indah, gelap dan dalam. Anda sedang melihat gambar inframerah terdalam dari alam semesta yang pernah diambil (gambar penuh warna pertama dari Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA). Inilah foto 'sudut langit' pertama yang dibuat oleh Teleskop Ruang Angkasa James Webb.  Lokasinya di rasi Volans dekat kutub langit Selatan.  Kerennya karena dalam 1 frame yang cuma 1/300 luas bulatan Bulan ini saja terlihat ribuan galaksi dengan berbagai tipe dan warna. Dan jika diamati lebih teliti di tengah gambar ada gumpalan acahaya itu adalah adalah Cluster Galaksi SMACS 0723, anehnya di sekitarnya ada pola melingkar beberapa galaksi berwarna oranye mamanjang seolah melengkung seperti efek lensa, ya inilah kekuatan gravitasi SMACS 0723 sehingga cahaya galaksipun pun bisa dibelokkan. Download versi HD https://live.staticflickr.com/65535/52210366419_7218c6d591_5k.jpg   

More: https://www.nasa.gov/image-feature/goddard/2022/nasa-s-webb-delivers-deepest-infrared-image-of-universe-yet/


Sumber: Fb NASA


Posting Komentar

0 Komentar