MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

header ads
Sesungguhnya pada langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasan-Nya bagi orang-orang yang beriman. (QS Al - Jaatsiyah: 3)

Metode Pembelajaran Fisika: Metode Diskusi

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Rahman T. (dalam Metode Pembelajaran Sains) mengungkapkan bahwa metode diskusi merupakan metode mengajar yang menyajikan bahan-bahan pembelajaran dalam bentuk masalah-masalah yang harus dipecahkan oleh siswa dan gurunya. Dalam metode ini dibahas suatu masalah dan diungkap berbagai kemungkinan pemecahan atau jalan keluarnya. Metode diskusi biasanya dilaksanakan melalui langkah-langkah sebagai berikut:
a) Memilih dan menetapkan suatu materi atau masalah yang pantas untuk didiskusikan. Masalah yang dipilih harus memungkinkan munculnya beberapa pendapat, harus ada dalam batas-batas kemampuan siswa dalam pemecahannya. 

b) Pengajar sebagai fasilitator atau pembimbing diskusi memberikan penjelasan-penjelasan tentang masalah yang dijadikan pokok diskusi, sebab-sebab perlunya didiskusikan, dan tujuan yang ingin dicapai dari diskusi tersebut. 

c) Setelah peserta diskusi memahami duduk masalahnya, maka para siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya masing-masing. 

d) Pemimpin diskusi harus mampu mengatur giliran mengemukakan pendapat dari peserta dengan tertib dan mengarahkan pembicaraan. 

e) Pimpinan diskusi harus menghimpun persamaan-persamaan pendapat dari para peserta diskusi, titik-titik perbedaannya dan akhirnya membuat suatu kesimpulan sebagai akhir dari diskusi. 

Metode diskusi merupakan metode yang baik untuk mencapai tujuan-tujuan sebagai berikut:

a) Untuk melatih kemampuan mengeluarkan pendapat tentang suatu masalah, mempertahankan pendapat, dan mengadakan penyesuaian-penyesuaian pendapat dengan yang. lain atas dasar tukar pikiran yang sehat. 

b) Melatih kemampuan berpikir bersama, membina kesanggupan memberikan pendapat, dan ryenerima serta menghargai pendapat orang lain. 

c) Melatih menggunakan pengetahuan untuk memecahkan suatu masalah. 

Metode diskusi dapat dilaksanakan secara etektif melalui hal-hal sebagai berikut:

a) Usahakanlah yang didiskusikan menarik bagi semua peserta dan melahirkan berbagai jawaban. 

b) Usahakan semua peserta dapat menggunakan pendapat dan mempertahankan pendapatnya. 

c) Persiapkan tempat diskusi yang memungkinkan sehap peserta dapat berhadapan dan peserta merasa kedudukan dan hak-haknya 

d) Usahakan kesimpulan yang diambil tepat dan menghargai pendapat semua peserta. 


Berikut adalah contoh masalah untuk metode diskusi. 


Tiga buah benda yang bergerak memiliki kecepatan yang dapat diukur tiap saat. Kecepatan tersebut dapat digambarkan grafiknya seperti pada gambar berikut.


Diskusikan;
1. Bagaimana sifat kecepatan benda pada masing-masing grafik? 

2. Bagamanda percepatan tiap benda? 

Posting Komentar

0 Komentar