MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

header ads
Sesungguhnya pada langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasan-Nya bagi orang-orang yang beriman. (QS Al - Jaatsiyah: 3)

Mengajar Fisika dengan Peta Konsep (Concept Mapping)

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِ


Peta konsep dengan jelas menunjukkan konsep pokok dari suatu bahan atau topik dan bagaimana relasi dan hubungan antara konsep-konsep yang ada. Dari peta itu kita dapat mengerti secara garis besar inti dari suatu topik atau bahan yang kita ajarkan kepada siswa. 

Peta konsep ini dapat digunakan untuk mengajarkan konsep fisika kepada siswa. Bila guru dapat membantu siswa mengerti konsep dasar dari suatu bahan, maka kita dapat yakin bahwa siswa menguasai bahan itu secara garis besar. 

Ada beberapa cara untuk mengajarkan bahan fisika dengan peta konsep, yaitu: 
  1. Guru menerangkan suatu bahan fisika dengan memakai peta konsep. Dari peta konsep itu guru menjelaskan masing-masing konsep yang ada dan kaitan satu dengan yang lain dengan segala contohnya. Dengan cara ini, peta konsep digunakan sebagai suatu rangkuman keseluruhan atau skema untuk memudahkan siswa menangkap keseluruhan. Dengan cara ini, peta konsep membantu guru untuk dengan mudah menjelaskan bahan fisika kepada siswa secara jelas dan terarah. Kelemahan model ini adalah siswa pasif dan guru sendiri yang aktif. Maka model ini kurang bersifat konstruktivistik. 
  2. Siswa yang membuat peta konsep dan guru membantu. Dalam cara Ini. siswa diminta oleh guru untuk secara bebas membuat peta konsep suatu bahan. Misalnya sebelum bahan itu dibahas, siswa diminta membaca di rumah. Pada saat di sekolah, siswa diminta membuat peta konsep sendiri. Setelah itu guru minta agar siswa menjelaskan peta konsepnya dan relasi yang ada. Bila ada konsep yang tidak tepat dan relasi yang tidak tepat, guru mempertanyakan mengapa itu terjadi? Lalu guru membantu agar siswa memperbaiki peta konsepnya. Dengan cara membuat peta konsep sendiri, siswa ditantang untuk berpikir mengenai konsep-konsep fisika yang ada dan relasi yang ada. Di sinilah siswa sungguh belajar membangun pengetahuan mereka. Model ini sungguh konstruktivis. 
  3. Peta konsep digabungkan dengan metode lain. Peta konsep dapat juga digunakan dalam mengajar dengan digabungkan dengan metode lain sehingga lebih tepat dan membuat siswa sungguh belajar lebih mendalam dan baik. Misalnya digabungkan dengan metode diskusi, metode presentasi, metode ceramah dari guru. 

Berikut contoh peta konsep sederhana yang saya buat menggunakan aplikasi MindMaster. 


Posting Komentar

0 Komentar