ARUS LISTRIK BUKAN TEGANGAN

Selasa, 19 Mei 20200 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Konon aruslah bukan tegangan, yang dapat menyetrum seseorang.  Berapa besar arus yang diperlukan untuk mengerjakan tugas itu?

Arus listrik diukur dalam ampere. Satu ampere adalah satu unit arus listrik, setara dengan 6 miliar miliar (6 dengan 18 nol di belakangnya) elektron yang lewat dalam sedetik. Maka kita sering mendengar orang bicara soal miliampere-per seribu ampere. Arus sebesar satu miliampere yang mengalir melalui tubuh kita akan menyebabkan rasa seperti tergelitik. Sepuluh hingga dua puluh miliampere dapat menimbulkan kejang ococ yang menyebabkan kita tidak melepaskan benda berbahaya yang kita pegang. Dua ratus miliampere, atau dua persepuluh ampere, menyebabkan jantung berdenyut tak terkendali dan akibatnya bisa fatal. Arus lebih besar dapat menyebabkan jantung berhenti sama sekali, tetapi ini tidak selalu mematikan karena jantung kadang-kadang dapat di-start ulang sampai berdenyut normal lagi. 

Sebuah baterai mobil umumnya dapat menghasilkan seratus ampere atau lebih; arus sebesar itu diperlukan untuk memutar mesin. Satu-satunya alasan mengapa mekanik mobil tidak bergelimpangan seperti lalat adalah karena hambatan mereka terhadap listrik; setiap zat menghambat aliran listrik sampai batas tertentu, dan hambatan yang diberikan tubuh manusia cukup tinggi. Itu sebabnya perlu tegangan cukup tinggi untuk memaksa elektron-elektron mengalir melalui seseorang dalam iumlath memadai untuk menyeterumnya. Baterai 12 volt tidak cukup untuk kuat memberikan dorongan sebesar itu. 

Anda mungkin menghadapi bahaya listrik di berbagai situasi berbeda. Kita mengandaikan bahwa kita mungkin tidak sampai harus duduk di kursi khusus untuk dialiri listrik yang mematikan. Akan tetapi bagaimana dengan kilat? Desakan elektron antara segumpal awan ‘ hitam dan tanah, atau antara dua gumpal awan hujan, bisa bertenaga puluhan juta volt, dan itu  dapat mendorong dengan kekuatan puluhan ribu miliampere melalui udara, yang biasanya tidak mengantarkan listrik sama sekali. Coba kita berada di antara keduanya, arus sebesar itu akan mengalir melalui tubuh. 

Situasi apa yang membuat kita berada di antara keduanya? Ketika kita berada dekat benda yang menawarkan jalan termudah bagi arus kilat untuk mencapai tanah. Jika menurut perhitungan arus dapat  melewatij dengan hambatan paling kecil, dan itu terpenuhi jika melalui tubuh Anda. Elektron-elektron dalam kilat akan mengalir melalui pengantar terbaik-yakni bahan dengan hambatan listrik paling kecil-yang dapat mereka temukan. Jika kita menawarkan tubuh Anda, mereka mungkin sekali akan mengambil pilihan tersebut. 

Di antara semua bahan, logam adalah pengantat listrik terbaik; mereka memiliki hambatan listrik paling rendah. Itu karena elektron elektron dalam atom-atom logam sangat longgar dan dapat mengalir sebagai bagian dari arus. Maka begitu awan mendung yang menggantung di atas lapangan terbuka semakin hitam, tongkat golf pun dapat memberi kita tiket menuju ke alam lain. 

Karena udara pada hakikatnya sebuah pengantar listrik yang bumk. kilat hampir selalu akan mengambil lintasan paling mudah yang tetsedia, kendati jarak untuk sampai ke tujuan tinggal sedikit sekali. Pohon, dengan daun dan batang yang berisi air, menawarkan pilihan yang lebih baik bagi kilat, maka betteduh di bawah pohon sewaktu halilintar menyambar-nyambar dapat membuat, handai taulan berdukacita. Di udara cterbuka, jauh dari pepohonan atau bangunan peluang kita juga bisa besar, kendati tinggi kita hanya satu setengah meter. Harapan terakhir kita dalam situasi demikian adalah tiarap, jauh dari tongkat dan kereta golf. 

Sumber : buku Kalo Einstein lagi cukuran Ngobrolin apa ya?



Bagikan artikel ini :

Posting Komentar

 
Support : Mr. Iksan
Copyright © 2011. GENERASI FISIKA - All Rights Reserved
Proudly powered by: Fisikane