LEVEL KOGNITIF DALAM FISIKA (2)

Kamis, 08 Agustus 20190 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


3. Level 3 (Penalaran)

Level penalaran merupakan level keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS), karena untuk menjawab soal-soal pada level 3 siswa harus mampu mengingat, memahami, dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural serta memiliki logika dan penalaran yang tinggi untuk memecahkan masalahmasalah kontekstual (situasi nyata yang tidak rutin). Level penalaran mencakup dimensi proses berpikir menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Pada dimensi proses berpikir menganalisis (C4) menuntut kemampuan siswa untuk menspesifikasi aspek-aspek/elemen, menguraikan, mengorganisir, membandingkan, dan menemukan makna tersirat. Pada dimensi proses berpikir mengevaluasi (C5) menuntut kemampuan siswa untuk menyusun hipotesis, mengkritik, memprediksi, menilai, menguji, membenarkan atau menyalahkan. 

Sedangkan pada dimensi proses berpikir mencipta (C6) menuntut kemampuan siswa untuk merancang, membangun, merencanakan, memproduksi, menemukan, memperbaharui, menyempurnakan, memperkuat, memperindah, menggubah. Soal-soal pada level penalaran tidak selalu merupakan soal-soal sulit.

Ciri-ciri soal pada level 3 adalah menuntut kemampuan menggunakan penalaran
dan logika untuk mengambil keputusan (evaluasi), memprediksi & merefleksi, serta kemampuan menyusun strategi baru untuk memecahkan masalah kontesktual yang tidak rutin. Kemampuan menginterpretasi, mencari hubungan antar konsep, dan kemampuan mentransfer konsep satu ke konsep lain, merupakan kemampuan yang sangat penting untuk menyelesaiakan soal-soal level 3 (penalaran). Kata kerja operasional (KKO) yang sering digunakan antara lain: menguraikan, mengorganisir, membandingkan, menyusun hipotesis, mengkritik, memprediksi, menilai, menguji, menyimpulkan, merancang, membangun, merencanakan, memproduksi, menemukan, memperbaharui, menyempurnakan, memperkuat, memperindah, dan menggubah.

Contoh soal level 3:
 
Grafik berikut merupakan grafik hubungan posisi (x) sebagai fungsi waktu (t) dari dua buah mobil mainan yang arah geraknya sama.
 
Berikut ini beberapa pernyataan mengenai kedua mobil mainan tersebut pada saat t = 3 sekon.
(1) Jarak tempuh kedua mobil mainan sama
(2) Mobil mainan B berhasil menyusul mobil mainan A
(3) Kecepatan mobil mainan A lebih besar dari pada mobil mainan B
(4) Percepatan mobil mainan B lebih besar dari pada mobil mainan A
Pernyataan yang benar adalah ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) and (4)

Penjelasan:

Soal di atas termasuk level 3 (penalaran) pada dimensi proses kognitif menganalisis, karena untuk menjawab soal tersebut, siswa harus dapat menganalisis (mengurai) grafik hubungan antara posisi terhadap waktu untuk mencari hubungan besaran-besaran yang terkait. Menentukan jarak tempuh (perubahan posisi). Membandingkan jarak tempuh yaitu dengan membandingkan perubahan posisi dalam waktu tempuh tertentu. Menentukan kecepatan (perubahan posisi tiap satuan waktu). Membandingkan kecepatan yaitu membandingkan perubahan posisi tiap waktu tertentu. Menentukan percepatan (perubahan kecepatan terhadap waktu). Membandingkan kemiringan grafik hubungan posisi terhadap waktu.
Bagikan artikel ini :

Posting Komentar

 
Admin : Mr. Iksan
No Copyright © 2011. GENERASI FISIKA