Menentukan Titik Berat: Menggali Konsep Fisika dalam Aksi Nyata

0
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Siswa-siswa kelas XI MAN 2 Bantul semakin mendalami konsep fisika dengan melaksanakan kegiatan praktikum yang menarik. Pada Jumat (25/8/23) dan Senin (21/8/23), siswa-siswa kelas XI melaksanakan praktikum yang bertujuan untuk menentukan titik berat suatu benda.

Siswa dalam kelompoknya sedang membuat dua benda dari karton

Praktikum ini merupakan bagian dari pembelajaran fisika yang bertujuan untuk mengajarkan siswa tentang prinsip-prinsip dasar dalam menentukan titik berat suatu benda. Dalam praktikum ini, siswa-siswa membuat dua benda dengan bentuk yang berbeda. Mereka diminta untuk menemukan titik berat dari masing-masing benda menggunakan alat penggantung dan penggaris.

Kegiatan dimulai dengan guru memaparkan konsep tentang titik berat suatu benda dan bagaimana cara mengukurnya. Setelah pemahaman yang memadai tercapai, siswa-siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil. Masing-masing kelompok membuat dua benda yang berbeda untuk diuji. Petunjuk praktikum menentukan titik berat dapat dilihat di: Percobaan Titik Berat.



Dengan antusiasme yang tinggi, para siswa mulai membuat, mengukur dan mencari titik berat pada masing-masing benda. Mereka menggantung benda pada alat penggantung dan mencatat posisi di mana benda tersebut dalam keseimbangan. Setelah itu, mereka menggunakan penggaris untuk mengukur jarak dari ujung benda ke titik berat.

"Praktikum ini sangat membantu kami dalam memahami konsep titik berat dan bagaimana mengukurnya," ujar Putra Zaki, salah satu siswa yang terlibat dalam praktikum. 

Guru fisika, Iksan Taufik H, S,Pd. mengatakan bahwa praktikum ini adalah cara yang efektif untuk membuat konsep fisika menjadi lebih nyata bagi para siswa. "Dengan praktikum ini, siswa dapat melihat sendiri bagaimana prinsip-prinsip fisika diterapkan dalam situasi nyata, Ini juga membantu mereka mengembangkan keterampilan pengukuran dan pemahaman tentang konsep titik berat." katanya.

Video: 




Setelah praktikum selesai, siswa-siswa melaporkan hasil pengukuran mereka dan berdiskusi tentang perbedaan hasil di antara kelompok-kelompok. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pemahaman yang lebih baik tentang fisika, tetapi juga mengembangkan keterampilan kerja kelompok dan analisis data.

Dengan semangat baru dalam memahami fisika melalui praktikum, siswa-siswa kelas XI MAN 2 Bantul terus melangkah maju dalam pembelajaran mereka. Kegiatan praktikum ini membantu mereka mengalami langsung bagaimana penerapan fisika dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan melalui eksperimen yang menarik dan bermanfaat.








Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)
Jika artikel ini bermanfaat, mohon untuk berkomentar di bawah ini: