MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

header ads
Sesungguhnya pada langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasan-Nya bagi orang-orang yang beriman. (QS Al - Jaatsiyah: 3)

Medan Gravitasi

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Sumber: republika.co.id

Medan gravitasi adalah ruang yang masih dipengaruhi oleh gaya gravitasi. Besar medan gravitasi sama dengan gaya gravitasi setiap satuan massa. Besarnya kuat medan gravitasi ditunjukkan dengan besarnya percepatan gravitasi. Makin besar percepatan gravitasi, makin besar pula kuat medan gravitasinya. Besarnya percepatan gravitasi akibat gaya gravitasi dapat dihitung dengan hukum II Newton dan hukum gravitasi Newton,
M1 menyatakan massa bumi selanjutnya di tulis Msaja. Percepatan a sering dinamakan percepatan akibat gravitasi bumi dan diberi simbol g.
Keterangan:
g : percepatan gravitasi (m/s2 atau N/kg)
G : tetapan umum gravitasi (N m2/kg2)
M: massa bumi (kg)
r : jari-jari bumi (m)

Untuk benda yang terletak dekat permukaan bumi maka r = R (jari-jari benda dapat dianggap sama dengan jari-jari bumi), maka persamaannya menjadi menjadi:
Tetapan g0 disebut percepatan akibat gravitasi bumi di permukaan bumi. Percepatan akibat gravitasi tidak tergantung pada bentuk, ukuran, sifat, dan massa benda yang ditarik, tetapi percepatan ini dipengaruhi oleh ketinggian kedalaman dan letak lintang.

Perhatikan gambar berikut:

Percepatan gravitasi di permukaan Bumi (jari-jari bumi = R) berbeda dengan percepatan gravitasi pada ketinggian tertentu (h) di atas permukaan Bumi. Jika percepatan gravitasi di permukaan Bumi g dan percepatan gravitasi pada ketinggian h di atas permukaan bumi ga , maka hubungannya dapat ditentukan dari persamaan :
sehingga menghasilkan persamaan :
Berikut hubungan g dengan ketinggian h

Contoh Soal dan Pembahasan

Soal 1

Percepatan gravitasi pada suatu tempat di permukaan Bumi adalah 10 m/s2.Tentukanlah percepatan gravitasi di tempat yang memiliki ketinggian R dari permukaan Bumi (R adalah jari-jari bumi)?

Penyelesaian:
Diketahui: g = 10 m/s2, dan h = R.
Ditanya: ga?
JAwab:
Percepatan gravitasi pada ketinggian R di atas permukaan Bumi adalah


Soal 2

Apabila percepatan gravitasi di permukaan bumi adalah g, tentukan percepatan gravitasi suatu benda yang berada pada ketinggian 2 kali jari-jari bumi!

Penyelesaian:
Diketahui: h = 2R
Ditanya: g' = ... ?
Jawab:








Posting Komentar

0 Komentar