Metode Pembelajaran Fisika : Discovery Learning

0
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Metode pembelajaran fisika dengan pendekatan discovery, atau sering disebut juga pembelajaran berbasis penemuan, menekankan pada peran aktif siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan melalui eksplorasi dan pengamatan sendiri. Berikut adalah beberapa prinsip dan strategi yang umumnya terkait dengan metode pembelajaran fisika berbasis penemuan:

1. Penemuan Sendiri:
  • Siswa diberi kesempatan untuk menemukan konsep fisika melalui eksperimen dan investigasi sendiri.
  • Pembelajaran lebih berfokus pada proses eksplorasi dan pengalaman langsung, bukan hanya pada pemberian informasi oleh guru.
2. Eksperimen dan Demonstrasi:
  • Penggunaan eksperimen dan demonstrasi sebagai sarana untuk memperlihatkan konsep fisika.
  • Siswa diajak untuk mengamati dan mencatat hasil eksperimen, serta menyimpulkan sendiri prinsip-prinsip fisika yang mendasarinya.
3. Pertanyaan dan Diskusi:
  • Guru mengajukan pertanyaan yang merangsang berpikir kritis dan penemuan konsep.
  • Diskusi di kelas digunakan untuk mendorong siswa berbagi ide, pemahaman, dan pengalaman mereka.
4. Pembelajaran Berbasis Masalah:
  • Pemberian masalah atau tugas-tugas terbuka yang memerlukan pemikiran kreatif dan pemecahan masalah.
  • Siswa diberi kesempatan untuk merumuskan pertanyaan sendiri dan menemukan solusi melalui eksplorasi.
5. Pemecahan Masalah Praktis:
  • Fokus pada penerapan konsep fisika dalam situasi praktis sehari-hari atau dalam konteks nyata.
  • Siswa diajak untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah menggunakan prinsip-prinsip fisika yang telah dipelajari.
6. Proyek Penelitian:
  • Penugasan proyek penelitian yang memungkinkan siswa menyelidiki fenomena fisika secara lebih mendalam.
  • Proyek dapat melibatkan perancangan dan pelaksanaan eksperimen, analisis data, serta penyajian hasil.
7. Teknologi Pembelajaran:
  • Penggunaan teknologi, seperti simulasi komputer atau perangkat lunak interaktif, untuk mendukung pembelajaran berbasis penemuan.
  • Teknologi dapat memberikan pengalaman virtual yang memungkinkan siswa menjelajahi konsep fisika dengan cara yang aman dan interaktif.

Pendekatan pembelajaran fisika berbasis penemuan memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep, membangun keterampilan berpikir kritis, dan memotivasi siswa untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran.

Sintaks (Langkah-langkah) Pembelajaran Discovery Learning









Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)
Jika artikel ini bermanfaat, mohon untuk berkomentar di bawah ini: