Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Bab Pengukuran

0
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ اارَّØ­ِيم


LKPD: Bab Pengukuran



Nama Peserta Didik: ____________________ Kelas: ____________


Tujuan Pembelajaran:

  1. Memahami konsep dasar pengukuran dan pentingnya pengukuran dalam fisika.
  2. Mengenal alat-alat ukur yang umum digunakan dalam fisika.
  3. Mampu melakukan pengukuran dengan ketelitian dan ketepatan yang sesuai.
  4. Memahami kesalahan yang mungkin terjadi dalam pengukuran dan cara menguranginya.

Bagian 1: Konsep Pengukuran

  1. Jelaskan apa itu pengukuran dalam konteks fisika.

  2. Mengapa penting untuk melakukan pengukuran dalam penelitian ilmiah dan studi fisika?

  3. Apa perbedaan antara ketelitian dan ketepatan dalam pengukuran? Berikan contoh masing-masing.

Bagian 2: Alat-alat Ukur

  1. Tuliskan nama dan gambar alat ukur yang umum digunakan dalam fisika. Jelaskan fungsi dan cara penggunaan masing-masing alat.

a) _______________________
Fungsi: _______________________
Cara Penggunaan: _______________________

b) _______________________
Fungsi: _______________________
Cara Penggunaan: _______________________

c) _______________________
Fungsi: _______________________
Cara Penggunaan: _______________________

Bagian 3: Pengukuran Ketelitian dan Ketepatan

  1. Jelaskan perbedaan antara ketelitian dan ketepatan pengukuran. Berikan contoh untuk menjelaskan konsep tersebut.

  2. Bagaimana cara menentukan ketelitian suatu alat ukur? Jelaskan dengan contoh.

  3. Jelaskan apa itu kesalahan acak dan kesalahan sistematis dalam pengukuran. Berikan contoh masing-masing.

Bagian 4: Praktik Pengukuran

  1. Praktik Pengukuran Panjang:
    a) Gunakan penggaris untuk mengukur panjang sebuah benda dan catat hasilnya dengan ketelitian yang sesuai.
    b) Bandingkan hasil pengukuran dengan pengukuran menggunakan alat ukur lain (misalnya, mikrometer).
    c) Analisis ketelitian dan ketepatan pengukuran yang dilakukan.

  2. Praktik Pengukuran Massa:
    a) Gunakan timbangan untuk mengukur massa sebuah benda dan catat hasilnya dengan ketelitian yang sesuai.
    b) Bandingkan hasil pengukuran dengan pengukuran menggunakan alat ukur lain (misalnya, neraca analitik).
    c) Analisis ketelitian dan ketepatan pengukuran yang dilakukan.

  3. Praktik Pengukuran Waktu:
    a) Gunakan stopwatch atau jam digital untuk mengukur waktu suatu peristiwa dan catat hasilnya dengan ketelitian yang sesuai.
    b) Lakukan beberapa pengukuran berulang dan analisis kesalahan acak yang mungkin terjadi.
    c) Diskusikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi ketelitian pengukuran waktu.

  4. Diskusi Kelompok: Berdasarkan pengalaman praktik pengukuran di atas, diskusikan pentingnya ketelitian dan ketepatan dalam pengukuran


Bagian 5: Kesimpulan dan Refleksi

  1. Buatlah kesimpulan tentang pentingnya pengukuran dalam fisika dan bagaimana ketelitian dan ketepatan memengaruhi hasil pengukuran.

  2. Tuliskan hal-hal yang telah Anda pelajari tentang alat-alat ukur, ketelitian, dan ketepatan pengukuran dalam bab ini.

  3. Refleksikan pengalaman Anda saat melakukan praktik pengukuran. Apa kesulitan yang Anda temui? Bagaimana Anda dapat meningkatkan ketelitian dan ketepatan pengukuran Anda di masa depan?

Bagian 6: Tugas Tambahan (Opsional)

  1. Rancanglah sebuah eksperimen sederhana yang melibatkan pengukuran dalam fisika. Jelaskan tujuan eksperimen, alat ukur yang akan digunakan, dan langkah-langkah yang perlu dilakukan.

Catatan: Kalian dapat melampirkan gambar atau grafik yang relevan untuk mendukung jawaban Kalian.

Gunakan LKPD ini sebagai panduan untuk menjelajahi dan memahami konsep-konsep penting dalam pengukuran fisika. Selamat belajar dan semoga sukses!


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)