Contoh Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Fisika

0
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Contoh sederhana dari metode pembelajaran eksperimen dalam mata pelajaran Fisika, dengan topik "Pengapungan dan Kepadatan":


Tujuan pembelajaran: Memahami hubungan antara massa jenis suatu benda dengan kemampuannya untuk mengapung di air.

Langkah-langkah:

  1. Persiapan: Siapkan beberapa benda dengan massa jenis yang berbeda, seperti balok kayu, kertas aluminium, dan plastik. Siapkan juga sebuah wadah berisi air dan alat pengukur massa jenis (seperti timbangan dan penggaris).

  2. Penjelasan teori: Jelaskan kepada siswa tentang konsep massa jenis dan hubungannya dengan kemampuan suatu benda untuk mengapung di air. Berikan contoh-contoh benda yang mengapung dan tenggelam serta jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi.

  3. Pelaksanaan eksperimen:
    a. Minta siswa untuk memprediksi mana benda yang akan mengapung atau tenggelam berdasarkan pengetahuan mereka tentang massa jenis.
    b. Berikan setiap siswa benda-benda yang telah disiapkan.
    c. Instruksikan siswa untuk mengukur massa dan volume masing-masing benda.
    d. Minta siswa untuk mencatat hasil pengukuran dan menghitung massa jenis setiap benda (massa/volume).
    e. Mintalah siswa untuk meletakkan benda satu per satu di dalam wadah berisi air dan mengamati apakah benda tersebut mengapung atau tenggelam.

  4. Pengumpulan data: Minta siswa untuk mencatat hasil pengamatan mereka, yaitu apakah benda tersebut mengapung atau tenggelam.

  5. Analisis data: Bantu siswa dalam menganalisis data yang telah dikumpulkan. Dorong mereka untuk membandingkan massa jenis setiap benda dengan hasil pengamatan mengenai apakah benda tersebut mengapung atau tenggelam.

  6. Kesimpulan: Ajak siswa untuk menarik kesimpulan berdasarkan data dan analisis mereka. Diskusikan dengan mereka tentang hubungan antara massa jenis dan kemampuan benda untuk mengapung atau tenggelam di air.

  7. Refleksi: Ajak siswa untuk merefleksikan eksperimen ini. Diskusikan dengan mereka apakah prediksi mereka sesuai dengan hasil yang ditemukan, dan bagaimana eksperimen ini membantu mereka memahami konsep massa jenis dan pengapungan.

Melalui eksperimen ini, siswa akan dapat melihat hubungan langsung antara massa jenis benda dan kemampuannya untuk mengapung di air. Mereka juga akan terlibat secara aktif dalam proses pengamatan, pengukuran, dan analisis data, sehingga memperkuat pemahaman mereka tentang konsep tersebut.


Apa itu Metode Eksperimen? Bisa dibaca di: Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Fisika

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)
Jika artikel ini bermanfaat, mohon untuk berkomentar di bawah ini: