Soal Dan Pembahasan Fisika: Teori Mikroskop

0
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم



Soal:

  1. Jelaskan prinsip kerja mikroskop dan bagaimana perbesaran gambar terjadi dalam mikroskop.

Jawaban:
Prinsip kerja mikroskop didasarkan pada pemfokusan dan pembesaran cahaya. Cahaya dari objek yang diamati melewati lensa objektif mikroskop dan diperbesar. Kemudian, cahaya tersebut melewati lensa okuler yang berfungsi untuk memperbesar gambar yang difokuskan pada retina mata pengamat.

Perbesaran gambar terjadi dalam mikroskop melalui dua lensa utama, yaitu lensa objektif dan lensa okuler. Lensa objektif berfungsi untuk memperbesar gambar objek primer yang diamati di bawah mikroskop. Gambar tersebut kemudian diperbesar lebih lanjut oleh lensa okuler sebelum mencapai mata pengamat. Perbesaran total mikroskop diperoleh dengan mengalikan perbesaran lensa objektif dengan perbesaran lensa okuler.

Soal:
2. Apa perbedaan antara mikroskop cahaya dan mikroskop elektron?

Jawaban:
Perbedaan antara mikroskop cahaya dan mikroskop elektron terletak pada sumber radiasinya dan jenis cahaya yang digunakan.

Mikroskop cahaya menggunakan sumber cahaya biasa, seperti lampu pijar atau lampu halogen, yang menghasilkan cahaya tampak. Cahaya tersebut melewati objek yang diamati dan menghasilkan gambar yang diperbesar. Mikroskop cahaya memiliki batasan resolusi sekitar 200-300 nanometer, yang berarti tidak dapat memperbesar objek di bawah batas tersebut dengan jelas.

Di sisi lain, mikroskop elektron menggunakan aliran elektron sebagai sumber radiasi. Dalam mikroskop elektron, aliran elektron menggantikan cahaya sebagai sumber pembentukan gambar. Mikroskop elektron mampu memberikan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan mikroskop cahaya, dengan kemampuan melihat objek hingga skala atom. Ada dua jenis mikroskop elektron yaitu mikroskop elektron transmisi (TEM) dan mikroskop elektron pemindaian (SEM).

Soal:
3. Jelaskan fungsi dari kondensor pada mikroskop cahaya.

Jawaban:
Kondensor pada mikroskop cahaya memiliki fungsi utama untuk mengumpulkan dan mengarahkan cahaya ke objek yang diamati. Kondensor terletak di bawah meja mikroskop dan biasanya memiliki lensa yang dapat diatur tingkat kecerahannya.

Kondensor membantu dalam memfokuskan cahaya pada objek yang akan diperbesar. Ketika cahaya dari sumber masuk melalui kondensor, kondensor memfokuskan cahaya tersebut menjadi suatu bundel cahaya yang lebih terarah dan terpusat. Hal ini membantu meningkatkan kecerahan dan ketajaman gambar yang dilihat melalui mikroskop.

Dengan mengatur tingkat kecerahan kondensor, pengguna dapat mengoptimalkan pencahayaan pada objek yang diamati dan meningkat


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)
Jika artikel ini bermanfaat, mohon untuk berkomentar di bawah ini: