MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

header ads
Sesungguhnya pada langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasan-Nya bagi orang-orang yang beriman. (QS Al - Jaatsiyah: 3)

Matahari Beredar Pada Orbitnya, Tidak Diam (2)

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم




Peredaran benda-benda langit beredar pada garis edar (orbirinya).Tatkala merujuk kepada matahari dan bulan di dalam Al Quran, maka ditegaskan bahwa masing-masing bergerak dalam orbit atau garis edar tertentu. : 
 
Dalam Tafsir Jalalayn:

(Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari semua itu) lafal Kullun ini tanwinnya merupakan pergantian daripada Mudhaf ilaih, maksudnya masing-masing daripada matahari, bulan dan bintang-bintang lainnya (di dalam garis edarnya) pada garis edarnya yang bulat di angkasa bagaikan bundaran batu penggilingan gandum (beredar) maksudnya semua berjalan dengan cepat sebagaimana berenang di atas air. Disebabkan ungkapan ini memakai Tasybih, maka didatangkanlah Dhamir bagi orang-orang yang berakal; yakni keadaan semua yang beredar pada garis edarnya itu bagaikan orang-orang yang berenang di dalam air.

 
Disebutkan pula dalam ayat yang lain bahwa matahari tidaklah diam, akan tetapi bergerak dalam garis edar tertentu. Fakta-fakta yang disampaikan dalam al Qur'an ini telah ditemukan melalui pengamatan astronomis di zaman kita. Menurut perhitungan para ahli astronomi, matahari bergerak dengan kecepatan luar biasa yang mencapai 720 ribu km perjam kearah bintang Vega dalam sebuah garis edar yang disebut Solar Apex. Allah berfirman dalam al Qur' an: 

“Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya (orbitnya).” (Q.S. Yasin : 40) 

Matahari bergerak sejauh kurang lebih 17.280.000 kilometer dalam sehari. Bersama matahari, semua planet dan satelit dalam sistem gravitasi matahari juga berjalan menempuh jarak ini. Selanjutnya, semua bintang di alam semesta berada dalam suatu gerakan serupa yang terencana. Keseluruhan alam semesta yang dipenuhi oleh lintasan dan garis edar (orbit) seperti ini, dinyatakan dalam al Qur" an sebagai berikut:
“Demi langit yang mempunyai jalan-jalan (orbit-orbit).” (Q.S. adz-Dzariyat :7) 

Orbit adalah lintasan benda yang bergerak mengelilingi benda lain. Biasanya orbit berupa kurva tertutup (lingkaran atau elips) akibat adanya gaya pusat. Misalnya orbit dari benda-benda langit (planet) dan orbit elektron. 

Bersambung... Insya Allah

Posting Komentar

0 Komentar