Bus Sudah Di Hand Brake Tetap Meluncur, Kok Bisa?

0
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ اارَّØ­ِيم



Baru-baru ini terjadi kecelakaan bus terjun ke sungai di Obyek Wisata Air Panas Guci, Kecamatan Bojong, Tegal, Jawa Tengah. Bus ini bisa membawa rombongan asal Serpong Tangerang Selatan mengalami kecelakaan pada Ahad pagi (05/06/2023). 

Berdasarkan keterangan bus sebenarnya dalam kondisi di rem tangan (hand brake on) dan roda sudah diganjal. Akan tetapi bus tetap meluncur. Mengapa bisa terjadi? Bagaimana fisika menjelaskannya?

Berikut ulasannya:

Sebuah benda atau bus yang berada dalam bidang miring maka  pada benda bekerja gaya-gaya seperti pada gambar dibawah ini:
benda pada bidang miring kasar

Misalnya, sebuah benda yang bermassa m diletakkan pada bidang miring yang membentuk sudut 0 terhadap bidang horizontal. Jika diambil sumbu X sejajar bidang miring dan sumbu Y tegak lurus dengan bidang miring, maka komponen-komponen gaya beratnya adalah sebagai berikut:
  • Komponen gaya berat pada sumbu X adalah Wx = mg sin 0 
  • Komponen gaya berat pada sumbu Y adalah Wy = mg cos 0
Gaya-gaya yang bekerja pada sumbu Y adalah sebagai berikut:

Karena benda tidak bergerak pada sumbu y, maka Fy = 0 atau N = mg cos 0. Gaya-gaya yang bekerja pada sumbu x adalah sebagai berikut:
Gaya f merupakan gaya gesek roda dengan permukaan jalan dan F merupakan gaya rem.

Maka berdasarkan Hukum II Newton:
F = m.a
m.g.sin 0 - F - f = m.a

Keadaaan yang terjadi adalah:
  • Jika m.g.sin 0 < F + f maka benda akan diam
  • Jika m.g.sin 0 = F + f maka benda tepat akan bergerak
  • Jika m.g.sin 0 > F + f maka benda akan bergerak
Benda yang berada pada bidang miring, semakin massanya bertambah besar maka energi potensialnya semakin besar sehingga pada suatu titik tertentu energi tersebut lebih besar dari gaya yang menahannya, akibatnya benda/bus bisa tiba-tiba meluncur. 



Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)