Fisika Mudah & Menyenangkan: Gerak Lurus Beraturan (GLB)

0
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Geruk lurus adalah gerak yang lintasannya berupa garis lurus. Contoh gerak lurus adalah gerak mobil di jalan tol yang lurus dan gerak kereta api. Pada umumnya, jalan tol dan rel kereta api relatif lurus, sehingga gerak mobil dan kereta api bisa dianggap sebagai gerak lurus. 

Geruk lurus beraturan adalah gerakan benda yang lintasan lurus dan kecepatannya tetap. Berarti, sebuah benda yang bergerak lurus beraturan menempuh jarak yang sama untuk selang waktu yang sama. Misalnya, jika tiga sekon pertama menempuh jarak 15 m, maka tiga sekon berikutnya juga menempuh jarak 15 m. 

Dalam kehidupan sehari-hari, jarang kita jumpai contoh dari benda yang bergerak lurus beraturan dalam jangka waktu yang relatif lama. Misalnya, sebuah mobil yang sedang bergerak dengan kelajuan 80 km/jam terpaksa harus mengurangi kelajuannya ketika di depanya ada mobil lain, Atau, mobil tersebut harus menambah kelajuannya ketika akan mendahului mobil lain di depannya. Dengan demikian kelajuan mobil tidak selamanya tetap, tetapi berubah-ubah. Namun, untuk selang waku tertentu, kelajuan mobil tersebut bisa dikatakan tetap, sehingga dikatakan mobil bergerak lurus beraturan

Berikut ini ringkasan materi Gerak Lurus Beraturan (GLB) yang bisa memudahkan dalam memahami  materi tersebut. 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)
Jika artikel ini bermanfaat, mohon untuk berkomentar di bawah ini: