MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

header ads
Sesungguhnya pada langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasan-Nya bagi orang-orang yang beriman. (QS Al - Jaatsiyah: 3)

Modul Ajar Fisika Kurikulum Merdeka Bab Pengukuran

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم




Apa itu Modul Ajar?

  • Modul ajar adalah sejumlah alat atau sarana media,  metode, petunjuk, dan Pedoman yang dirancang secara  sistematis dan menarik agar poses kegiatan Pembelajaan  berjalan dengan baik. 
  • Modul ajar merupakan implementasi dari Alur Tujuan  Pembelajaran yang dikembangkan dari Capaian  Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila dan Profil  Pelajar Rahmatan Lil Alamin sebagai sasaran. 
  • Modul ajar disusun sesuai dengan fase atau tahap  perkembangan peserta didik, mempertimbangkan apa yang  akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran, dan berbasis  perkembangan jangka panjang. Guru perlu memahami konsep mengenai modul ajar agar  proses pembelajaran lebih menarik dan bermakna.
  •  Modul ajar merupakan salah satu perangkat ajar. Sama seperti RPP yang memuat rencana  pembelajaran di kelas. Namun memiliki komponen yang lebih lengkap.
  • Modul ajar sekurang-kurangnya berisi tujuan, langkah, media pembelajaran, asesmen, serta informasi  dan referensi belajar lainnya yang dibutuhkan dalam satu unit atau topik berdasarkan alur tujuan  pembelajaran yang dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Tujuan Modul Ajar

  1. Mengembangkan perangkat ajar yang memandu guru  melaksanakan pembelajaran.
  2. Mempermudah, memperlancar, dan meningkatkan kualitas  pembelajaran;
  3. Menjadi rujukan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan  pembelajaran;
  4. Menjadi kerangka kerja yang menggambarkan prosedur  dan pengorganisasian pembelajaran sesuai capaian  pembelajaran.


Berikut ini contoh Modul Ajar Fisika materi Pengukuran yang disusun oleh Iman Nurzaman:

Posting Komentar

0 Komentar