MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

header ads
Sesungguhnya pada langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasan-Nya bagi orang-orang yang beriman. (QS Al - Jaatsiyah: 3)

Energi dan Daya Listrik

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Energi listrik

Jika kalian membahas tentang listrik maka tidak bisa lepas dari sumber arus. Misalnya baterai, akumulator atau generator (PLN). Sumber arus itu sering juga disebut sumber tegangan dan sebenarnya merupakan sumber energi. Energinya adalah energi listrik. Energi listrik adalah energi yang mampu menggerakkan muatanmuatan listrik pada suatu beda potensial tertentu. Persamaan energi listrik dapat dituliskan sebagai berikut:



Daya listrik

Pernahkah kalian mengamati data-data pada lampu, alat-alat listrik lain atau bahkan pada meteran PLN. Dari data-data itu kalian akan mendapatkan besaran yang bersatuan watt. Misalnya data lampu 100 watt/220 volt. Besaran yang bersatuan watt inilah yang dinamakan daya.

Daya listrik merupakan besarnya energi yang mengalir atau diserap alat tiap detik. Definisi lain, daya didefinisikan sebagai laju aliran energi. Dari definisi ini daya listrik dapat dituliskan secara matematis:
















Contoh Soal

Sebuah hambatan 20 Ω dihubungkan pada baterai yang bertegangan 6 volt .Tentukan:
a. daya yang diserap hambatan,
b. energi yang diserap hambatan selama setengah menit!

Pembahasan:












Kelestarian Energi Listrik

Energi listrik merupakan salah satu bentuk energi. Berarti energi listrik juga memiliki sifat umum dari energi. Sifat umum itu adalah kekekalan energi. Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan tetapi bisa berubah ke bentuk lain. Pada kelestarian energi listrik ini dapat kalian pelajari perubahan energi listrik ke energi kalor atau energi potensial dan sebaliknya. Perhatikan persamaan-persamaan energi berikut:

Contoh Soal

Ke dalam 100 liter air yang bersuhu 6oC dialirkan arus listrik melalui kawat yang direntangkan (lihat gambar). Diinginkan air yang keluar dari kran K bersuhu 30oC. Kuat arus yang digunakan ternyata 2 A dan pemanasan berlangsung selama 50 menit. Bejana dianggap tidak menyerap kalor dan 1 joule = 0,24 kal, maka untuk maksud tersebut kita harus memasang kawat yang berhambatan R. Tentukan nilai R tersebut!

Pembahasan:



Posting Komentar

0 Komentar