MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

header ads
Sesungguhnya pada langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasan-Nya bagi orang-orang yang beriman. (QS Al - Jaatsiyah: 3)

Soal HOTS, Soal Bukan HOTS Fisika

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


SOAL HOTS 


Soal:
Helikopter terbang di atas sebuah kapal untuk mengirimkan kotak bantuan medis dari ketinggian 2000 m diukur dari kotak medis seperti gambar:
Saat kotak dijatuhkan posisi helicopter dan kapal sejajar dan sama-sama bergerak dengan kelajuan konstan. Empat detik kemudian kapal mempercepat kelajuannya agar kotak bantuan tepat jatuh di atas kapal. 
Pernyataan berikut terkait dengan kejadian tersebut:
1) jarak mendatar kotak sampai di atas kapal dari posisi dijatuhkan adalah 800 m
2) waktu yang dibutuhkan untuk kotak sampai di atas kapal 20 detik
3) besar percepatan adalah 125/32 
ms-2
4) jarak yang ditempuh kapal sejak dipercepat sampai kotak diterima adalah 500 m
Pernyataan yang benar adalah….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)
Kunci Jawaban: C

Keterangan:
Soal di atas termasuk level 3 (penalaran) pada dimensi proses kognitif evaluasi, karena untuk menjawab soal tersebut, siswa harus dapat menemukan besaran-besaran terkait dengan gerak kedua benda. Memahami gerak kedua benda (benda jatuh berupa lintasan parabola, sedangkan perahu semula bergerak lurus dengan kecepatan konstan kemudian bergerak lurus dengan percepatan konstan). Mengaplikasikan persamaan-persamaan yang ada pada gerak kedua benda. Menentukan syarat-syarat yang harus dipenuhi agar benda tepat jatuh ke atas kendaraan yang kedua (waktu, jarak mendatar, percepatan). Menyimpulkan syarat-syarat yang harus terpenuhi agar benda dapat tepat jatuh di atas
kapal.


===============================================

SOAL BUKAN HOTS

 
Soal:
Helikopter terbang mendatar dengan kelajuan konstan untuk mengirimkan kotak bantuan medis. Kotak dijatuhkan dari ketinggian 2000 m tepat diukur dari titik A seperti gambar.
Jika kotak jatuh di titik B (titik A dan B merupakan jarak mendatar di atas permukaan tanah), maka jarak A dan B adalah ….
A. 500 m
B. 800 m
C. 1000 m
D. 1400 m
E. 1600 m
Kunci Jawaban: C

Keterangan:
Soal di atas termasuk level 2 (penerapan) karena untuk menjawab soal tersebut, siswa harus mampu mengingat persamaan hubungan jarak mendatar dengan waktu dan ketinggian dan selanjutnya diterapkan untuk menghitung jarak mendatar.



Sumber: Modul Penyusunan Soal HOTS Fisika

Posting Komentar

0 Komentar