PERHATIAN AL QUR'AN TERHADAP SAINS

Minggu, 18 April 20210 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Di dalam Al Qur'an banyak ayat-ayat yang menunjukkan perintah agar kita memperhatikan, meneliti dan mengeksplorasi peristiwa alam atau tanda -tanda alam. Perintah in biasanya ditujukan kepada orang yang berakal, berpikir dan berilmu. Diantaranya adalah: 
  1. QS. Al Baqarah : 164
ِإ َّن يفِ َخلْ يق إل َّس َما َوإ يت َوإ ْ َلْ ْر يض َوإ ْخ يت َلَ يف إللَّ ْي يل َوإل َّنََّا ير َوإلْ ُف ْ يلْ
إلَّيتِ َ ْتَ يري يفِ إلْ َب ْح ير يب َما يَ ْن َف ُع إلنَّا َس َو َما َأنْ َز َل إ َّ ُللَّ يم َن إل َّس َما يء يم ْن
َما ٍء فَأَ ْحيَا يب يه إ ْ َلْ ْر َض بَ ْع َد َم ْويتَِا َوبَ َّث يفيهَا يم ْن ُ يلك َدإبَّ ٍة َوتَ ْ يصْي يف
إل لير َيَحي َوإل َّس َحا يب إلْ ُم َس َّخ ير بَ ْ َيْ إل َّس َما يء َوإ ْ َلْ ْر يض َلْآَيَ ٍت يلقَ ْو ٍم
يَ ْع يقلُو َن
"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan."

    2. QS. Al An'am: 97 - 99

        َو ُه َو إ َّ يلَّي َج َع َل لَ ُ ُكُ إلنُّ ُجو َم يل َتَْتَ ُدوإ يبَِا يفِ ُظلُ َما يت إلْ َ ليب َوإلْ َب ْح ير ۗ
        قَ ْد فَ َّصلْنَا إ ْلْآَيَ يت يلقَ ْو ٍم يَ ْعلَ ُمو َن
       

"Dan Dialah yang menjadikan bintang-bintang bagimu, agar kamu menjadikannya petunjuk dalam kegelapan di darat dan di laut. Sesungguhnya Kami telah         menjelaskan tanda-tanda kebesaran (Kami) kepada orang-orang yang mengetahui." (97)

و ُه َو إ َّ يلَّي َأنْ َشأَ ُ ْكُ يم ْن نَ ْف ٍس َوإ يح َد ٍة فَ ُم ْستَقَر َو ُم ْستَ ْو َد ٌع ۗ قَ ْد فَ َّصلْنَا
إ ْلْآَيَ يت يلقَ ْو ٍم يَ ْفقَهُو َن
Dan Dialah yang menciptakan kamu dari seorang diri, maka (bagimu) ada tempat tetap dan tempat simpanan. Sesungguhnya telah Kami jelaskan tandatanda kebesaran Kami kepada orang-orang yang mengetahui." (98)

 

"Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman." (99)

3. QS. Ar Ra'd : 4

"Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanamantanaman dan pohon korma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian tanam-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir"

4. QS. An Nahl : 79

"Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang dimudahkan terbang diangkasa bebas. Tidak ada yang menahannya selain daripada Allah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orangorang yang beriman"

5. QS. Fushshilat: 53

" Kami akan memperlihatkan kepada mereka tandatanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al Quran itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?"

6. QS.Al Furqon: 45

"Apakah kamu tidak memperhatikan (penciptaan) Tuhanmu, bagaimana Dia memanjangkan (dan memendekkan) bayang-bayang dan kalau Dia menghendaki niscaya Dia menjadikan tetap bayangbayang itu, kemudian Kami jadikan matahari sebagai petunjuk atas bayang-bayang itu"

 

 

 

 

 

    

  

Silakan bagikan artikel ini :

Posting Komentar

 
Admin : Mr. Iksan
No Copyright © 2011. GENERASI FISIKA