MATERI FISIKA XI : BAB 6 TEORI KINETIK GAS

Senin, 19 April 20210 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Berdasarkan kemampuan akalnya yang terus berkembang, manusia dapat 
membuat sesuatu yang tadinya tidak mungkin menjadi mungkin. Dengan memahami tentang sifat dan karakteristik gas, manusia dapat terbang menggunakan balon udara. Prinsip gas manakah yang diterapkan pada sistem ini?

Gas dapat dipandang secara makroskopik dan mikroskopik. Gas memiliki besaran makroskopik, antara lain, volume, tekanan, dan suhu. Besaran-besaran ini secara langsung dapat diukur di laboratorium. Besaran-besaran lain seperti laju molekul, momentum molekul, dan energi kinetik molekul adalah besaran-besaran mikroskopik. Besaran-besaran ini tidak dapat diukur secara langsung di laboratorium.

Pada bab ini Anda akan mempelajari tentang gas ideal. Gas ideal merupakan gas yang secara tepat memenuhi hukum-hukum gas. Pada kehidupan sehari-hari, tidak ada gas yang termasuk gas ideal. Oleh karena itu, Anda akan mempelajari terlebih dahulu mengenai hukum-hukum tentang gas ideal. Bab ini juga membicarakan mengenai teori ekipartisi. Teori ekipartisi pada prinsipnya menjelaskan hubungan antara derajat kebebasan dengan energi kinetik.

Silakan pelajari materinya..:


Silakan bagikan artikel ini :

Posting Komentar

 
Admin : Mr. Iksan
No Copyright © 2011. GENERASI FISIKA