CONTOH SOAL HOTS FISIKA

Senin, 29 Maret 20210 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Berikut adalah contoh soal HOTS berdasarkan kisi-kisi soal HOTS :

1. 1. Dalam kejuaraan offroad, pengemudi mobil hendak melewati sebuah rintangan berupa selokan dengan perbedaan tinggi permukaan 5 m seperti dalam gambar. Mobil bergerak dari A ke B dan harus tiba di C. Kelajuan mobil saat di A adalah 10 m/s dan percepatan antara A dan B adalah 2 m/s2, dan percepatan gravitasi g = 10 m/s2.


bBerdasarkan kasus diatas, analisislah pernyataan berikut (benar atau salah) dan berikan alasannya:

a.    Gerak mobil dari A ke B termasuk gerak lurus beraturan (GLB)

b.    Gerak mobil dari B ke C termasuk gerak parabola

c.    Kelajuan saat di B adalah 10 m/s

d.    Waktu mobil sampai di C adalah 1 sekon

e.    Lebar selokan adalah 20 m

2.  2. Dua bola A dan B identik dilemparkan bersamaan secara horizontal dari sebuah gedung tinggi. Bola A dilempar dengan kecepatan awal v sedangkan bola B yang lainnya dengan kecepatan 0,5v. Pernyataan berikut manakah yang benar atau salah, berikan alasannya!

a.    Bola A mengalami percepatan lebih kecil

b.    Kedua bola menyentuh tanah pada waktu yang sama

c.    Bola A  mencapai tanah terlebih dahulu

d.    Bola B mencapai tanah pada jarak yang lebih pendek

3.  3.  Net bagian atas untuk volly tingginya 2,2 m. Ukuran lapangan volly 9 m x 9 m untuk setiap tim.


 
Pemain melakukan servis dan bola terlepas dari pukulan pada ketinggian 3 m dan berjarak 8 m dari net. Bila bola dipukulkan dengan kelajuan mendatar vo, tentukan:

a.    Kelajuan vo minimum agar bola tidak menyentuh net

b.    Kelajuan vo maksimum agar bola jatuh di dalam lapangan lawan

4.   
4. Saat pemain baseball melempar bola dari outfield, biasanya ia membiarkan bola memantul satu kali sebelum mencapai infield. Hal ini berdasarkan teori bahwa dengan cara tersebut bola dapat lebih cepat mencapai infield. Anggaplah sudut bola saat memantul dari tanah sama dengan sudut bola saat dilemparkan seperti pada gambar berikut:

 

Akan tetapi kelajuan bola setelah memantul menjadi 1,5 kali dari kelajuan sebelum memantul.

a.    Dengan asumsi bola selalu dilempar dengan kecepatan awal yang sama, pada sudut α berapakah sebaiknya bola dilemparkan dengan sekali pemantulan (lintasan garis putus) sehingga menempuh jarak R yang sama dengan bola yang dilemparkan ke atas dengan sudut 450 tanpa pantulan?

b.    Tentukan perbandingan waktu antara lemparan satu kali pantulan dan lemparan tanpa pantulan!

5.    5. Ikan archerfish kecil (panjang 20 – 25 cm) tinggal di perairan payau Asia Tenggara dari India hingga Filipina. Makhluk hidup yang sesuai dengan namanya ini menangkap mangsa dengan menyemburkan air ke serangga, baik yang sedang terbang maupun tidak. 


Serangga itu kemudian jatuh ke dalam air dan ikan memakannya. Ikan ini memilikitingkat ketepatan yang tinggi pada jarak 1,2 hingga 1,5 m dan terkadang membidik dari jarak 3,5 m. Bentuk lidah yang tergulung membentuk tabung, membantu ikan menyemburkan air berkecepatan tinggi dari mulutnya ketika ikan secara tiba-tiba menutup insangnya. Misalkan ikan ini membidik sasarannya dari jarak 2 m dengan sudut 300 di atas sumbu horisontal, tentukan dengan kecepatan berapakah air harus disemburkan jika jarak jatuh vertikal yang diperbolehkan dalam lintasannya menuju sasaran tersebut maksimal adalah 3 cm? g = 10 m/s2


Silakan bagikan artikel ini :

Posting Komentar

 
Admin : Mr. Iksan
No Copyright © 2011. GENERASI FISIKA