MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

header ads
Sesungguhnya pada langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasan-Nya bagi orang-orang yang beriman. (QS Al - Jaatsiyah: 3)

AKUGuru21 : Aplikasi BuKU Guru 21

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم



Yogyakarta (fisikane.web.id)- Alhamdulillah.... setelah selama kurang lebih 2 bulan mulai bulan Desember 2020 sampai bulan Januari 2021, sebuah aplikasi yang dibutuhkan oleh guru menggunakan program Excel dapat diselesaikan. Aplikasi ini saya namakan AKUGuru21 yang merupakan singkatan dari Aplikasi Buku Guru. Angka 21 merupakan tahun penyelesaian aplikasi ini yaitu di tahun 2021. AKUGuru21 ini digunakan untuk tingkatan SMP/MTs dan SMA/MA. 





Sebagai seorang guru tentunya membutuhkan administrasi guru berupa buku kerja sebagai pedoman/panduan dalam melaksanakan tugas sebagai guru yaitu pelaksanakan tugas mendidik atau mengajar. Buku kerja tersebut berisi instrumen -instrumen yang sesuai dengan kurikulum berlaku. 

Buku Kerja Guru terdiri dari 4 Buku Kerja yaitu Buku Kerja 1, 2, 3 dan 4. Berikut isi dari masing-masing buku kerja:
  1. Buku Kerja 1 berisi : Analisis SKL, KI dan KD, Silabus, RPP dan KKM
  2. Buku Kerja 2 berisi : Kode Etik Guru, Ikrar Guru, Tata Tertib Guru, Pembiasaan Guru, Kalender Pendidikan, Analisis Alokasi Waktu, Program Tahunan, Program Semester dan Jurnal Agenda Guru
  3. Buku Kerja 3 berisi : Daftar Hadir Siswa, Daftar Nilai Siswa, Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial, Analisis Hasil Penilaian, Program Remedial dan Pengayaan, Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa, Jadwal Mengajar Guru, Daya Serap Siswa, Kisi-Kisi Soal dan Analisis Butir Soal.
  4. Buku Kerja 4 berisi : Evaluasi Kerja Guru, Program Tindak Lanjut Kerja Guru, Hasil Evaluasi Diri

AkuGuru21 ini terdiri dari 2 aplikasi excel yaitu:
1. Aplikasi Buku Guru 1,2 dan 4


Pada aplikasi ini saya kembangkan dari aplikasi buku kerja guru yang beredar di internet. Apa yang saya kembangkan?
Saya kembangkan berupa:
  • AKUGuru21 dibuat terintegrasi untuk kelas 1, 2 dan 3  SMP/MTs dan SMA/MA
  • Pembuatan link link antar menu. Misalnya disaat mengisi menu KI dan KD, maka pada menu yang membutuhkan KI KD akan terisi yaitu di menu Silabus, Analisis SKL KI KD,KKM, RPP. Prota , Prosem.

                    

 

  • Silabus terdiri dari 6 semester. Dari pengisian menu Silabus, komponen yang ada di Analisis SKL KI KD langsung terisi.
  • RPP menggunakan format 1 lembar sesuai dengan buku RPP Inspiratif yang diterbitkan oleh Kemdikbud. 

 


  • Prota dan prosem dibuat tiap semester untuk tiap kelas 

 


2. Aplikasi Buku Guru 3


Pada bagian aplikasi buku 3 ini saya kembangkan dari program penilaian yang sudah saya pakai di madrasah saya. Apa yang saya kembangkan? Saya kembangkan berupa:



    • Penambahan menu Daftar Absensi Peserta Didik
    • Penambahan menu Daya Serap
    • Penambahan menu Kisi-Kisi Soal 
    • Penambahan menu Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
    • Penambahan link Analisis Butir Soal. Analisis Butir Soal yang saya gunakan adalah aplikasi AnBuSo 8.0 yang dibuat oleh Bapak Ali Mukson. Saya ubah tampilan warnanya biar lebih fresh.  

Aplikasi AKUGuru21 ini bukanlah aplikasi gratis akan tetapi berbayar, hanya dengan 20K maka akan saya kirimkan AKUGuru21 ini. Bagi yang berminat silakan menghubungi 
via email: gurufisikaman@yahoo.co.id

Posting Komentar

0 Komentar