LANGIT DALAM PERSPEKTIF AL QUR'AN (23)

Sabtu, 15 Juni 20190 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Oleh : Agus Purwanto, D.Sc. 
(Dosen Fisika ITS, Penggagas Pesantren Sains TrenSains)

Ayat pertama:
Al-Buruj (البروج) / 85:1)
وَ السَّمَآءِ ذَاتِ الۡبُرُوۡجِ ۙ
"Demi langit yang mempunyai gugusan bintang"

Kamus:
وَالسَّمَاءِ demi langit - 
ذَاتِ memiliki -
الْبُرُوجِ gugusan bintangg - 

Ayat pendek dengan 4 kata dan diawali dengan huruf qasam, huruf sumpah و.


Ayat kedua,
Al-Hijr (الحجر) / 15:16)
وَ لَقَدۡ جَعَلۡنَا فِی السَّمَآءِ بُرُوۡجًا وَّ زَیَّنّٰہَا لِلنّٰظِرِیۡنَ
"Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan di langit itu gugusan bintangg dan Kami telah menghiasinya bagi orangg yang memandang(nya)"

Kamus:
وَلَقَدْ dan sesungguhnya -
جَعَلْنَا Kami telah menjadikan - 
فِي di - 
السَّمَاءِ langit - 
بُرُوجًا gugusan bintang - 
وَزَيَّنَّاهَا dan Kami menghiasinya - 
لِلنَّاظِرِينَ bagi orangg yang memandang -


Ayat ketiga:
Al-Furqan (الفرقان) / 25:61)
تَبٰرَکَ الَّذِیۡ جَعَلَ فِی السَّمَآءِ بُرُوۡجًا وَّ جَعَلَ فِیۡہَا سِرٰجًا وَّ قَمَرًا مُّنِیۡرًا
"Mahasuci Allah yang menjadikan di langit gugusann bintang dan Dia menjadikan juga padanya matahari dan bulan yang bercahaya".

Kamus:
تَبَارَكَ Mahasuci -
الَّذِي yang - 
جَعَلَ telah menjadikan -
فِي di - 
السَّمَاءِ langit - 
بُرُوجًا gugusan bintang - 
وَجَعَلَ Dan dia menjadikan - 
فِيهَا padanya - 
سِرَاجًا pelita (matahari) - 
وَقَمَرًا dan bulan - 
مُنِيرًا bercahaya -


Gugus bintang?
Gugus bintang atau disebut juga awan bintang merupakan kelompok bintang yang secara gravitasi dan awal pembentukannya terikat satu sama lain. Ada dua jenis gugus bintang, yaitu:
Pertama, gugus bola merupakan kelompok ratusan atau ribuan bintang yang berusia sangat tua dan terikat gravitasi erat satu sama lain dan membentuk format bola. Jarak antar bintang gugus bola relatif dekat, dengan kepadatan bintang semakin tinggi di bagian tengahnya. Contoh dari gugus bola adalah gugus Messier 13 di rasi Herkules. Gugus ini berjarak 22.200 tc atau 
22.200x365x24x60x60x300.000km atau 210.000.000.000.000.000 km (210 ribu trilyun km). Radius gugus 84tc atau 794,7 trilyun km dan estimasi usia bintang 11,65 milyar tahun. Artinya, bintangg dlm gugus ini tercipta sekitar dua milyar tahun stlh big bang.

Kedua, gugus terbuka adalah kelompok bintang dengan jumlah sekitar seratus, terikat lebih renggang satu sama lain. Bintangg anggota gugus ini umumnya berusia relatif sangat muda. Gugus ini akan berpencar seiring waktu karena pengaruh gravitasi awan molekul dalam pergerakannya mengorbit galaksi.
Contoh dari gugus terbuka adalah gugus Kartika atau Pleiades, Melotte, Seven Sisters atau M45. Gugus ini berada di rasi bintang Taurus, merupakan gugus bintang paling jelas dilihat dengan mata telanjang. Jarak gugus mrpk salah satu yang terdekat dengan Bumi yakni 444tc atau 4200trilyun km. Gugus terdiri dari bintangg biru yg berusia 100juta tahun, usia yg relatif sangat muda dibanding usia gugus bola M13.


Dari tiga ayat di depan, dua ayat hanya menyebut gugus bintang sdgkan ayat ketiga juga menyebut bulan scr eksplisit dan matahari scr implisit. Padahal keduanya sangat dari bumi. Matahari-bumi 149.600.000 km atau setara delapan menit perjalanan cahaya. Sedangkan bulan hanya 385.000 km atau setara satu seperempat detik perjalana cahaya ...
Mengapa ya?


Wallaahua'lam
Bagikan artikel ini :

Posting Komentar

 
Admin : Mr. Iksan
No Copyright © 2011. GENERASI FISIKA