LANGIT DALAM PERSPEKTIF AL QUR'AN (19)

Selasa, 04 Juni 20190 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Oleh : Agus Purwanto, D.Sc. 
(Dosen Fisika ITS, Penggagas Pesantren Sains TrenSains)


Langit adalah ruang di atas dan menyelubungi bumi. Langitt adalah lapisann dengan ketebalan tertentu yang menyelimuti bumi. Itulah langitt yang sekarang kita amati. Dan, langitt itu meluas, mengembang . Jika demikian bagaimana langit di masa lalu
Al-Anbiya (الأنبياء) / 21:30)


اَوَ لَمۡ یَرَ الَّذِیۡنَ کَفَرُوۡۤا اَنَّ السَّمٰوٰتِ وَ الۡاَرۡضَ کَانَتَا رَتۡقًا فَفَتَقۡنٰہُمَا ؕ وَ جَعَلۡنَا مِنَ الۡمَآءِ کُلَّ شَیۡءٍ حَیٍّ ؕ اَفَلَا یُؤۡمِنُوۡنَ
"Dan apakah orangg yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?"

Kamus
أَوَلَمْ ataukah tidak - 
يَرَ melihat -
الَّذِينَ orangg yang -
كَفَرُوا (mereka) kafir -
أَنَّ bahwasanya - 
السَّمَاوَاتِ langit -
وَالْأَرْضَ dan bumi -
كَانَتَا adalah keduanya - 
رَتْقًا berpadu -
فَفَتَقْنَاهُمَا lalu Kami belah/pisahkan keduanya - 
وَجَعَلْنَا dan Kami jadikan - مِنَ dari -
الْمَاءِ air - 
كُلَّ tiap-tiap/segala - 
شَيْءٍ sesuatu - 
حَيٍّ yang hidup -
أَفَلَا apakah maka tidak - يُؤْمِنُونَ mereka beriman -


jika langit saat ini mengembang, berarti langit masa lalu menyempit, menyempit dan menyempit hingga sampai seukuran bumi?

Rataqa - yatruqu - ratqan,
راق - يرتق - رتقا

menjahit, menambal. Ratqan ىتقا adalah isim mashdar yg berarti jahitan, tambalan. Kaanataa ratqan كانتا تقا

keduanya terjahit (menjadi satu, terjalin, terhubung, tersambung, terpadu). Langitt dan bumi dahulu terpadu, terjalin menjadi satu. Bagaimana kiraa bentuknya dan prosesnya mjd spt saat ini?


Sekarang bayangkan langit tanpa bumi, yang ada hanya kumpulan lapisan bola imajiner kosong tanpa padatan bola di dalamnya. Akibatnya, keseluruhan ruang adalah langit.

Enam langit terjalin dengan bumi berarti enam langit ini belum membentuk lapisann terpisah melainkan masih satu kesatuan, masih menempel mjd satu dg bumi dan enam langit yg saling menempel terjalin satu dengan yg lain.


Bisa dibayangkan sbg apa ya ...

Di dalam kosmologi modern,alam semesta bermula dari ledakan besar 13,7 milyar tahun lalu untuk selanjutnya ruang-waktu mengembang dan isinya radiasi, lepton dan quark menyebar sambil berinteraksi membentuk komposit proton, netron dan komposit lainnya. Proton, netron dan elektron membentuk atom, atom menyusun molekul, dan seterusnya ...bumi baru tercipta sekitar 4,6 milyar tahun yang lalu ...

Selama sembilan milyar tahun pertama alam semesta tanpa bumi ...

Bagaimana menjelaskannya?
Bagikan artikel ini :

Posting Komentar

 
Support : Mr. Iksan
Copyright © 2011. GENERASI FISIKA - All Rights Reserved
Proudly powered by: Fisikane