LANGIT DALAM PERSPEKTIF AL QUR'AN (18)

Minggu, 02 Juni 20190 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Oleh : Agus Purwanto, D.Sc. 
(Dosen Fisika ITS, Penggagas Pesantren Sains TrenSains)

Langit politik Indonesia sedang berawan gelap kusam. Entah sampai kapan. Karena kegelapan tersebut, tulisan ini tidak dapat langsung tayang versi FB nya.
Kita kembali ngaji dan simak ayat langit berikut.


Kamus:
Al-Anfal (الأنفال) / 8:32)
وَ اِذۡ قَالُوا اللّٰہُمَّ اِنۡ کَانَ ہٰذَا ہُوَ الۡحَقَّ مِنۡ عِنۡدِکَ فَاَمۡطِرۡ عَلَیۡنَا حِجَارَۃً مِّنَ السَّمَآءِ اَوِ ائۡتِنَا بِعَذَابٍ اَلِیۡمٍ
Dan (ingatlah), ketika mereka (orangg musyrik) berkata: "Ya Allah, jika (Al Quran) ini benar dari sisi Engkau, maka hujanilah kami dengan batu dari langit, atau datangkanlah kepada kami azab yang pedih".

وَإِذْ dan ketika - 
قَالُوا mereka berkata - 
اللَّهُمَّ ya Allah - 
إِنْ jika - 
كَانَ adalah -
هَذَا ini - هُوَ dia - 
الْحَقَّ benar - 
مِنْ dari -
عِنْدِكَ sisi Engkau -
فَأَمْطِرْ maka hujanilah - عَلَيْنَا atas kami - 
حِجَارَةً batu -
مِنَ dari - 
السَّمَاءِ langit - 
أَوِ atau -
ائْتِنَا datangkan kepada kami -
بِعَذَابٍ dengan azab - 
أَلِيمٍ sangat pedih -


Orangg (musyrik) ini tidak percaya pada al-Quran dan mengejek dengan menantang agar diturunkan hujan batu jika al-Quran benarr dari Allah SWT.
Menariknya, tantangannya adalah dihujani batu. فأمطر علينا حجارة من السماء

Redaksi ayat ini cukup menarik yakni digunakan fiil mathara مطر turun hujan dan berwazan amthara امطر menurunkan hujan, yg tdk dipakai untuk menyatakan hujan biasa yakni hujan air tetapi diikuti isim jamak batu حجارة. Untuk hujan sendiri malah digunakan istilah menurunkan air dari langit, misal QS 2:22

وانزل من السماء ماء

Kembali pada hujan batu. Sekarang kita paham apa itu hujan batu, yakni bebatuan yg turun dari ruang angkasa kmd masuk atmosfer dan mengalami gesekan shg menyala api panjang dan disebut meteor.

Awal 2019 terjadi hujan meteor yg disebut meteor Quandrantid terjadi pada 4 Januari dengan jumlah 120 per jam. Sedangkan hujan meteor terbaru adalah meteor Eta Aquarids yg berlangsung di awal Ramadhan 6 Mei.

Meteoroid adalah bongkahan atau "partikel" yg masih melayang di ruang angkasa, ada yg tersusun dari logam, bebatuan dan campuran bebatuan-logam. Meteoroid yg masuk atmosfer dan terbakar tetapi tidak habis dan mencapai bumi disebut meteorit. Di negara bagian Arizona AS ada kawah meteorit yg berdiameter 1,2 km yg diperkirakan terjadi akibat meteorit 25.000 thn lalu, dan disebut kawah Barringer. Ukuran meteorit bervariasi, yg ukuran mm sampai cm disebut mikrometeorit, yg lbh besar dari 10cm disebut meteorit.

Meteoroid yg masuk atmosfer bumi dan terbakar habis sblm mencapai bumi disebut meteor.


Meteoroid ini dapat berasal dari komet maupun asteroid. 

Itulah hujan batu dari langit.

Sampeyan mau dijatuhi meteorid atau dikirimi hujan batu. 

Na'udzubillah, kami berlindung kpd Allah.
Bagikan artikel ini :

Posting Komentar

 
Admin : Mr. Iksan
No Copyright © 2011. GENERASI FISIKA