Jenis - Jenis Gelombang

0
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Gelombang dapat digolongkan berdasarkan medium perambatan, arah getar, dan amplitudo. 

Berdasarkan medium perambatannya, gelombang dikelompokkan menjadi dua, yaitu gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. 
  1. Gelombang mekanik adalah gelombang yang memerlukan medium perambatan. Gelombang yang termasuk gelombang mekanik adalah gelombang bunyi. Bunyi dapat kita dengar karena merambat melalui udara. Apabila tidak ada medium untuk merambat, bunyi tidak dapat kita dengar. Sebagai contoh ledakan benda benda di luar angkasa tidak terdengar sampai ke bumi karena di luar angkasa hampa udara. Contoh lain: Gelombang tali dan gelombang pada permukaan air.
  2. Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang tidak memerlukan medium perambatan. Cahaya termasuk gelombang elektromagnetik. Oleh karena itu, cahaya matahari dapat sampai ke bumi meskipun melewati ruang hampa udara. Contoh lain : gelombang radar, gelombang TV, sinar X

Berdasarkan arah getarnya, gelombang dikelompokkan menjadi dua, yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal.
  1. Gelombang transversal yaitu suatu gelombang atau pulsa yang merambat dan menyebabkan elemen medium yang terganggu bergerak tegak lurus terhadap arah rambatnya (Serway, 2009). Contoh gelombang transversal adalah gelombang permukaan air dan gelombang pada tali. 

  2. Gelombang longitudinal adalah suatu gelombang atau pulsa yang merambat dan menyebabkan elemen medium bergerak sejajar arah rambatnya (Serway, 2009). Contoh: gelombang pada bunyi, gelombang pada pegas.

Berdasarkan amplitudonya, gelombang dikelompokkan menjadi dua, yaitu gelombang berjalan dan gelombang stasioner.
  1. Gelombang berjalan adalah gelombang yang memiliki amplitudo tetap di setiap titik yang dilalui gelombang. Contoh gelombang berjalan adalah ombak. Perlu diketahui di dunia ini hampir seluruh gelombang mengalami peluruhan. Artinya gelombang dalam penjalarannya mengalami penurunan nilai amplitudo. 
  2. Gelombang stasioner adalah gelombang yang memiliki amplitudo berubah ubah. Contoh gelombang stasioner adalah gelombang pada senar gitar yang dipetik.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)