Jejak Perjalanan Liburan Ke Taiwan: Bermain Sepeda U-Bike (10)

0
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Taiwan, sebuah pulau di Asia Timur, dikenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, budaya yang kaya, dan kehidupan metropolitan yang semarak. Salah satu aspek menarik dari Taiwan adalah inisiatif berkelanjutan yang dipraktikkan oleh pemerintahnya untuk mengurangi polusi dan kemacetan lalu lintas. Salah satu langkah signifikan dalam arah ini adalah program "U-Bike" atau "YouBike."

Halte U-Bike di Kampus CYCU Taiwan


Apa itu U-Bike?

U-Bike adalah sistem sepeda umum berbagi yang diluncurkan di Taiwan. Tersebar di beberapa kota: Kota Taipei, Kota New Taipei, Kabupaten Taoyuan, Kota Hsinchu, Kabupaten Miaoli , Kota Taichung dan Kabupaten Changhua. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan alternatif transportasi yang ramah lingkungan, efisien, dan sehat bagi penduduk dan pengunjung kota. Program ini bertujuan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas, mengurangi emisi gas rumah kaca, serta mendorong gaya hidup aktif dan sehat bagi warga Taiwan.
U-Bike


Bagaimana U-Bike Berfungsi?

U-Bike menyediakan sepeda yang dapat digunakan oleh siapa saja dengan mudah. Penduduk dan pengunjung Taiwan dapat menggunakan sepeda ini dengan mendaftar sebagai anggota di stasiun-stasiun U-Bike yang tersebar di kota-kota besar. Pendaftaran dapat dilakukan dengan aplikasi ponsel atau di stasiun-stasiun itu sendiri.

Bagi Anda yang memiliki kartu kredit, disarankan untuk mengunjungi Kiosk terdekat sebelum menggunakan YouBike agar akun dapat diaktifkan terlebih dahulu.

Sedangkan bagi Anda yang telah memiliki kartu elektronik EasyCard dan iPASS, cukup kunjungi Kiosk terdekat untuk mendaftar. Setelah pendaftaran selesai, Anda dapat menyewa sepeda dengan mudah, yaitu dengan menempatkan kartu elektronik Anda di zona sensor yang terdapat di area parkir sepeda.

sensor U-Bike

Setelah selesai menggunakan sepeda, pengguna dapat mengembalikannya ke stasiun manapun yang terdekat. Selain itu, sepeda-sepeda ini dilengkapi dengan teknologi pelacakan dan penguncian yang aman, sehingga risiko pencurian menjadi minimal. Biaya sewa untuk YouBike adalah NT$10/Rp. 5.000,- /30 menit selama empat jam pertama.


Bermain sepeda U-Bike

Manfaat U-Bike

Lingkungan yang Lebih Bersih: U-Bike membantu mengurangi polusi udara dan emisi gas rumah kaca yang berasal dari kendaraan bermotor. Dengan menggunakan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari, warga Taiwan dapat berkontribusi pada menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

Kesehatan dan Gaya Hidup Aktif: Penggunaan sepeda sebagai sarana transportasi membantu mendorong kehidupan aktif dan sehat. Bersepeda secara teratur meningkatkan kesehatan kardiovaskular, mengurangi stres, dan meningkatkan kualitas hidup.

Kemudahan dan Kepraktisan: Dengan stasiun U-Bike yang tersebar luas di kota, pengguna memiliki akses mudah ke sepeda kapan saja dan di mana saja. Ini memberikan alternatif yang cepat dan efisien untuk perjalanan jarak dekat, misalnya dari stasiun kereta ke tempat tujuan akhir.

Mengurangi Kepadatan Lalu Lintas: Dengan mendorong masyarakat untuk bersepeda, U-Bike membantu mengurangi jumlah kendaraan di jalan raya, yang berarti mengurangi kemacetan lalu lintas dan waktu perjalanan yang lebih cepat.

Pariwisata Berkelanjutan: Program U-Bike juga menguntungkan para wisatawan yang ingin menjelajahi kota-kota Taiwan secara lebih mendalam. Wisatawan dapat mengeksplorasi atraksi lokal dengan bersepeda, sehingga mendukung pariwisata berkelanjutan dan ramah lingkungan.



U-Bike: Menginspirasi Lainnya

Program U-Bike di Taiwan telah memberikan contoh yang menginspirasi bagi banyak negara lain di seluruh dunia. Inisiatif seperti ini menunjukkan bahwa solusi ramah lingkungan dan inovatif dapat diadopsi untuk mengatasi masalah polusi dan lalu lintas di perkotaan.

Dengan program U-Bike, Taiwan telah menetapkan tonggak penting dalam menciptakan kota-kota yang lebih hijau dan berkelanjutan. Semoga inisiatif semacam ini terus berkembang dan menjadi inspirasi bagi banyak negara untuk mengadopsi transportasi ramah lingkungan dan berkontribusi pada masa depan yang lebih bersih dan sehat.


Bersambung ke: MRT Kereta Tak Bermasinis



Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)
Jika artikel ini bermanfaat, mohon untuk berkomentar di bawah ini: