News :
Loading...
Sesungguhnya pada langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasan-Nya bagi orang-orang yang beriman. (QS Al - Jaatsiyah: 3)

MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

header ads

Ibnu Firnas, Penemu Pesawat Terbang

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Abbas bin Firnas atau Abbas Ibnu Firnas adalah penemu pesawat pertama, seribu tahun sebelum penemuan pesawat bertenaga. Wright bersaudara memang penemu pesawat terbang pertama, namun abad ke-8 Abbas Ibn Firnas dikatakan sebagai orang pertama yang terbang di atas rangka bambu, sepasang sayap yang terbuat dari sutra, kayu, dan bulu alami. Abbas bin Firnas adalah pilot pertama yang menerbangkan pesawat yang lebih berat karena pengalaman terbang pertama dilakukan oleh dua filsuf Cina, Mozi dan Lu Ban, pada abad ke-5, tetapi dengan benda. Mereka disebut penemu layang-layang.

Menurut sejarawan yang dikutip oleh TRT World, ketika Abbas Ibn Firnas berusia antara 65 dan 70 tahun, dia melompat dari tebing gunung Jabal Al-Arus di Yaman. Abbas Ibn Firnas menembak ke langit dan terbang setidaknya selama 10 menit sebelum menabrak dan melukai dirinya sendiri. Kemudian dia menyadari kesalahannya ketika dia tidak menghitung mekanisme pendaratan dengan hati-hati, sehingga dia tidak bisa menjaga keseimbangannya ketika terbang dan mendarat itu sulit. Selama 12 tahun berikutnya dan selama sisa hidupnya, Abbas Ibn Firnas menemukan bahwa pendaratan dilakukan bersamaan dengan ekor dan sayap. Ia juga mempelajari bagaimana burung terbang dan mendarat. Abbas Ibnu Firnas mengklaim sebagai dalang di balik teori penciptaan ornithopter, pesawat terbang yang meniru burung dan terbang dengan mengepakkan sayapnya. Desain pesawatnya kemudian menjadi landasan teknik penerbangan di akhir abad ke-20.

Ketertarikan Abbas Ibn Firnas pada sains dan teknologi membuatnya menemukan jam air. Dia juga bereksperimen dengan kristal pasir dan kuarsa untuk memahami sifat-sifatnya. Sejarawan memuji dia sebagai orang yang berhasil membuat kaca transparan dari bahan ini. Abbas Ibn Firnas juga akan menjadi pelopor gelas Andalusia yang terkenal, yang masih diminati dan digunakan hingga saat ini. Orang buta juga mendapat manfaat darinya, karena ini adalah salah satu produsen lensa yang membantu membaca.

Bagaimana kondisi sayap pesawat terbang saat akan landing? 
Yuks perhatikan video di bawah ini:



Kondisi selanjutnya bagiamana sayap tersebut saat landing, bisa dilihat di: Bagiamana Pesawat Melambat Saat Landing?

Posting Komentar

0 Komentar