MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

header ads
Sesungguhnya pada langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasan-Nya bagi orang-orang yang beriman. (QS Al - Jaatsiyah: 3)

Konsep Vektor Dalam Kehidupan Sehari-hari

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم




Konsep vektor banyak digunakan dalam berbagai bidang, di antaranya pada bidang penerbangan, pelayaran, dan komputer.

1.  Penerbangan dan pelayaran. Sebuah pesawat terbang atau kapal laut melakukan perjalanan dari suatu tempat ke tempat lainnya memerlukan data yang benar agar pesawat terbang atau kapal laut tidak tersesat, selain dapat menghemat bahan bakar. 

2.  Navigasi, yang dikenal Global Positioning System (GPS). Sistem ini memberitahukan 
lokasi di permukaan bumi walaupun tempatnya bergerak. Sehingga, suatu benda dapat diketahui keberadaannya dan lokasi tujuannya. Oleh karena itu, pesawat terbang, kapal laut, bahkan mobil dilengkapi dengan GPS. 

3.  Dalam sains komputer, vektor digunakan untuk pembuatan grafis. Grafis adalah gambar yang tersusun dari koordinat-koordinat. Sumber gambar yang muncul pada layar monitor komputer terdiri atas titik-titik yang mempunyai nilai koordinat. Layar monitor berfungsi sebagai sumbu koordinat xdan y. Grafis vektor adalah objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis dengan menggunakan rumusan matematika tertentu. Banyak softwareyang menggunakan vektor, misalnya AutoCAD, CORELDRAW,dan Adobe Illustrator. 

Untuk materi vektor bisa berselancar di:

Posting Komentar

0 Komentar