MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

header ads
Sesungguhnya pada langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasan-Nya bagi orang-orang yang beriman. (QS Al - Jaatsiyah: 3)

Menelisik Langit Dengan Teleskop James Webb

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Oleh : Prof. Agus Purwanto
(Dosen Fisika Teori ITS, Penulis Buku Ayat-Ayat Semesta) 


Ar-Rahman (الرحمن) / 55:33

یٰمَعۡشَرَ الۡجِنِّ وَ الۡاِنۡسِ اِنِ اسۡتَطَعۡتُمۡ اَنۡ تَنۡفُذُوۡا مِنۡ اَقۡطَارِ السَّمٰوٰتِ وَ الۡاَرۡضِ فَانۡفُذُوۡا ؕ لَا تَنۡفُذُوۡنَ اِلَّا بِسُلۡطٰنٍ

NASA lembaga antariksa Amerika kembali melakukan langkah dramatis, berani dan gila dalam penjelajahan ruang angkasa. setelah mengorbitkan teleskop ruang angkasa Hubble teleskop senilai 2M dollar pada orbit 330 mil dari bumi tahun 1990, kini melakukan langkah lebih gila. 

Sabtu, 25 Des 2021 James Webb Space Telescope (JWST) yang senilai 10M dolar diluncurkan untuk menuju orbitnya pada jarak 1,5jt km dari bumi, empat kali jarak bumi-bulan. mengapa dikatakan berani dan gila? Perhatikan, hanya untuk satu teleskop NASA rela menggelontorkan 10M dollar atau sekitar 140T rupiah. Padahal lembagaa pendidikan Islam unggulan teleskop yg 50 juta atau 10 juta pun belum punya ...itu pun sudah berani mengaku unggul. padahal yang termahal dari sains adalah daya imajinasi dan teleskop salah satu wahana utama untuk itu ...

Hasil tangkapan Teleskop Hubble


Fungsi Teleskop James Webb

Webb berfungsi sebagai pemantau atmosfer eksoplanet atau planet ekstrasurya, beberapa di antaranya yang berpotensi layak huni, dan dapat mengungkap petunjuk dalam pencarian kehidupan di luar Bumi yang sedang berlangsung.
Teleskop tersebit dilengkapi dengan cermin yang dapat memanjang 6,5 meter yang memungkinkan cermin mengumpulkan lebih banyak cahaya dari objek yang diamatinya, begitu teleskop berada di luar angkasa. 

Semakin banyak cahaya yang dapat dikumpulkan cermin, semakin banyak detail yang dapat diamati oleh teleskop.
Cermin mencakup 18 segmen berlapis emas heksagonal, masing-masing berdiameter 1,32 meter. NASA menyebut cermin tersebut merupakan cermin terbesar yang pernah dibuat NASA.

Lebih lanjut silakan baca: Kecanggihan Teleskop James Webb

=================================
Ngaji Seloso Isuk 

Ngaji Ayatt Semesta
di masjid Manarul Ilmi ITS
setiap Selasa subuh ke-2 dan ke-4 

Selasa 28 Desember 2021
jam 05.00 -06.15 
Materi: James Webb Space Telescope, Misi Sains  Terberani

=====================================
Tambahan;

Tafsir Kemenag RI,  QS Ar Rahman : 33

(33) Ayat ini menyeru jin dan manusia jika mereka sanggup menembus, melintasi penjuru langit dan bumi karena takut akan siksaan dan hukuman Allah, mereka boleh mencoba melakukannya, mereka tidak akan dapat berbuat demikian. Mereka tidak mempunyai kekuatan sedikit pun dalam menghadapi kekuatan Allah swt. Menurut sebagian ahli tafsir, pengertian sulthan pada ayat ini adalah ilmu pengetahuan. Hal ini menunjukkan bahwa dengan ilmu manusia dapat menembus ruang angkasa.



Wallohu'alam

Posting Komentar

0 Komentar