JIKA ASTEROID ATAU BENDA LANGIT MENGHANTAM BUMI

Selasa, 02 Maret 20210 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Sebuah asteroid atau benda langit menghantam bumi. Peristiwa ini merupakan  cerita fiksi ilmiah. Banyak film yang menceritakan kemungkinan sebuah benda langit menghantam bumi seperti Deep Impact, Armageddon, 2012 dan lainnya.

Tabrakan asteroid atau benda langit juga merupakan fakta ilmiah. Lubnag di bumi menunjukkan pada kita sejarang panjang adanya benda benda langit yang pernah menabrak bumi. Asteroid paling terkenal yang pernah ada adalah asteroid yang mendarat 65 juta tahun yang lalu. Diperkirakan asteorid tersebut melemparkan sejumlah uap air dan debu ke atmosfer. Kemudian uap lembab dan debu tersebut menutup matahari,menurunkan suhu di seluruh daerah dunia dan menyebabkan kepunahan dinosaurus.

Jadi bagaimana seandaianya hari ini sebuah asteroid menghantam bumi?

Asteroid apapun yang jatuh dari langit memiliki kekuatan yang luar biasa. Berikut contoh perkiraan sebuah asteroid yang akan melewati bumi. Pada tahun 2028, sebuah asteroid 1997 XFII diprediksi akan mendekati bumi tetapi hanya melewatinya saja. Apabila terjadi suatu perubahan dan sungguh-sungguh menabrak bumi, akibat yang ditimbulkannya adalah hantaman selebat 1 mil di permukaan bumi dengn kecepatan rata-rata 30.000 mil/jam. Asteroid besar yang melintas dan secepat itu memiliki kekuatan (perkiraan) sama dengan 1juta megaton bom. apabila terjadisangat memungkinkan akan menyapu bersih semua bentuk kehidupan di bumi ini. Sungguh sangat mengerikan bukan???

Sangat sulit membayangkan sebuah kekuatan besar yang dahsyat sebesar 1 juta megaton. Kita bayangkan asteroid yang lebih kecil. misal asteroidsebesar rumah menabrak bumi dengan kecepatan 30.000 mil/jam. Jumlah kekuatannya sama dengan kekuatan bom atom yang jatuh di Hiroshima. Mungkin kekuatannya sekitar 20 kiloton. Asteroid sebesar inimampu meratakan gedung beton sampai setengah mil dalamnya dari permukaan tanah dan meratakan struktur bangunan kayu sampai kedalaman 1,5 mil. 

Asteroid sebesar bangunan rumah bertingkat duapuluh, maka akan memiliki kekuatan setara dengan kekuatan bom nuklir terbesar saaat ini sekitar 25-50 megaton. Bisa menghancurkan bangunan beton sampai kedalaman 5 mil dari permukaan tanah. 

Betapa dahsyatnya jika asteroid menghamtam bumi karena yang terjadi adalah bencana yang sungguh mengerikan tanpa mempermasalahkan seberapa ukuran asteroid yang menghantam bumi. Maka marilah kita berdoa agar hal tersebut tidak terjadi.

BEGITU MUDAHNYA ALLAH JIKA AKAN MEMUSNAHKAN KEHIDUPAN DI BUMI INI.
Silakan bagikan artikel ini :

Posting Komentar

 
Admin : Mr. Iksan
No Copyright © 2011. GENERASI FISIKA