C1 (Mengingat)
- Sebutkan rumus kecepatan rata-rata dalam gerak lurus!
- Sebutkan satuan suhu dalam sistem internasional (SI)!
C2 (Memahami)
- Jelaskan apa yang dimaksud dengan percepatan dalam gerak lurus berubah beraturan!
- Jelaskan perbedaan mendasar antara suhu dan kalor dalam konteks energi termal!
C3 (Mengaplikasikan)
- Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan 20 m/s selama 10 detik. Hitunglah jarak yang ditempuh mobil tersebut!
- Ubah suhu 50°C ke dalam skala Fahrenheit dan Kelvin!
C4 (Menganalisis)
- Amati grafik kecepatan terhadap waktu berikut! Jelaskan bagian mana yang menunjukkan GLB dan mana yang menunjukkan GLBB!
- Amati grafik suhu terhadap waktu pada proses pemanasan air. Analisislah fase mana yang menunjukkan perubahan wujud dan fase mana yang menunjukkan kenaikan suhu zat!
C5 (Mengevaluasi)
- Seorang siswa menghitung percepatan mobil menjadi 4 m/s², padahal data menunjukkan perubahan kecepatan dari 10 m/s ke 30 m/s dalam 5 detik. Evaluasilah perhitungannya!
- Seorang siswa menghitung kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 200 gram air dari 25°C ke 75°C menjadi 50 kJ. Apakah hasil tersebut benar? (Gunakan kalor jenis air = 4200 J/kg°C). Berikan alasanmu!
C6 (Mencipta)
- Rancanglah percobaan sederhana menggunakan mainan mobil dan lintasan miring untuk menunjukkan adanya percepatan pada gerak lurus berubah beraturan! Tuliskan alat, bahan, dan langkah percobaanmu.
- Rancanglah alat sederhana dari bahan bekas untuk menunjukkan peristiwa konduksi, konveksi, dan radiasi. Jelaskan prinsip kerja masing-masing!
Soal-soal seperti ini dirancang untuk menguji kemampuan berpikir siswa pada tingkat yang berbeda-beda, mulai dari mengingat kembali informasi hingga menciptakan sesuatu yang baru.
Semoga bermanfaat