Jembatan Golden Gate: Simbol Arsitektur dan Keajaiban Rekayasa di San Francisco

0
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Jembatan Golden Gate adalah sebuah ikon arsitektur yang terletak di Teluk San Francisco, California, Amerika Serikat. Jembatan ini merupakan salah satu ikon paling terkenal di dunia dan menjadi salah satu landmark yang paling dikenal di Amerika Serikat. Diresmikan pada tahun 1937, jembatan ini telah menjadi simbol dari kota San Francisco dan juga teknik rekayasa yang maju.


Jembatan Golden Gate memiliki panjang sekitar 2,7 kilometer dan menghubungkan kota San Francisco dengan County Marin di seberang Teluk San Francisco. Arsitek jembatan ini adalah Joseph Strauss, dengan konstruksi dimulai pada tahun 1933 dan selesai dalam waktu empat tahun. Pada saat pembangunannya, jembatan ini merupakan jembatan gantung terpanjang di dunia dengan rentang utama sepanjang 1.280 meter.

Nama "Golden Gate" sebenarnya merujuk pada selat yang terbentang di bawah jembatan tersebut, yang merupakan saluran air masuk ke Teluk San Francisco dari Samudra Pasifik. Nama "Golden Gate" sendiri dipilih oleh John C. Fremont, seorang penjelajah Amerika pada abad ke-19, yang terinspirasi oleh Laut Merah di Istanbul, Turki.

Warna merah-oranye yang khas dari jembatan ini juga memberikan ciri khas tersendiri. Warna ini dipilih karena dapat meningkatkan visibilitas jembatan dalam kabut tebal yang sering muncul di kawasan Teluk San Francisco.

Jembatan Golden Gate juga menjadi salah satu lokasi wisata yang populer di San Francisco, dengan banyak turis datang untuk menikmati pemandangan ikoniknya dan melintasinya baik dengan berjalan kaki, bersepeda, atau dengan mobil. Jembatan ini juga menjadi bagian penting dari transportasi kota, menghubungkan kota San Francisco dengan wilayah-wilayah di sekitarnya.

Bagaimana cara membuatnya? Silakan simak video berikut:


Sumber: Fb Ilmunesia#1


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)