Modul Ajar Fisika Bab Pengukuran : Pertemuan 5

0
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ اارَّØ­ِيم



Pertemuan 5

A.    Informasi Umum

 

Kode Modul

FIS.E.X.1

Penyusun/Tahun

Iksan Taufik Hidayanto/ 2023

Kelas/Fase Capaian

X/Fase E

Elemen/Topik

Pemahaman Fisika / Hakikat Fisika, Besaran, dan Pengukurannya

Alokasi Waktu

135 menit (3 Jam Pelajaran)

Pertemuan Ke-

5

Profil Pelajar Pancasila

Bernalar kritis, Kreatif, dan Gotong Royong

Sarana Prasarana

LCD, Proyektor, Papan Tulis, ATK, Jangka Sorong

Target Peserta Didik

Regular/tipikal

Model Pembelajaran

Problem-Based Learning

Mode Pembelajaran

Tatap Muka

 

B.    Komponen Inti

 

Tujuan Pembelajaran

1.  Peserta didik dapat membuat kesimpulan dari hasil percobaan.

2.  Peserta didik dapat mengomunikasikan hasil percobaan secara lisan maupun tertulis.

 

Pertanyaan Pemantik

Dalam aktivitas eksperimen, kita akan melakukan pengukuran berulang untuk mendapatkan ketelitian yang lebih baik daripada pengukuran tunggal, bagaimana cara kita menentukan nilai ketidakpastian pengukuran berulang?

 

Persiapan Pembelajaran

1.     Guru melakukan asesmen diagnostik dalam bentuk kuis sebelum pembelajaran.

2.     Guru menyiapkan bahan tayang PPT materi Besaran, satuan, dan pengukurannya

 

Kegiatan Pembelajaran

1.     Pendahuluan (15 menit)

a.     Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.

b.     Perwakilan peserta didik memimpin doa.

c.     Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.

d.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi besaran dan pengukuran.

 

2.       Kegiatan Inti (110 menit) 

Langkah 1. Orientasi Masalah

a.     Guru menampilkan berita penipuan logam mulia dari sumber berita terpercaya.

b.     Guru meminta peserta didik untuk mengkritisi berita-berita yang ditampilkan oleh guru.

c.     Peserta didik mendapatkan umpan balik dari guru, bahwa salah satu cara untuk menguji kemurnian logam mulia dapat dilakukan dengan metode pengukuran sederhana dan konsep massa jenis.

 

Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik

a.     Peserta didik dibagi dalam kelompok yang beranggotakan 4-5 orang.

b.     Peserta didik diberikan bahan bacaan mengenai Archimedes dan Mahkota Raja dan mencari tahu konsep fisika apa yang digunakan Archimedes untuk membuktikan bahwa mahkota raja dibuat dengan menggunakan bahan pencampuran lain, bukan emas murni.

c.     Peserta didik diajak untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan konsep massa jenis untuk mengetahui bahan penyusun suatu zat melalui kegiatan Praproyek dari Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 79 secara berkelompok (gotong royong).

 

Langkah 3. Membimbing Penyelidikan

a.     Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik.

b.     Guru melihat sampel pekerjaan peserta didik dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.

c.     Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik yang mengalami kesulitan.

 

Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

a.     Guru meminta dengan sukarela beberapa perwakilan peserta didik untuk mempresentasikan hasil kegiatan Praproyek.

b.     Peserta didik lainnya diminta untuk menanggapi dan memberikan tanggapan terhadap apa yang telah dijelaskan (bernalar kritis).

 

Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

a.     Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik yang telah sukarela menjelaskan jawaban tugasnya dan sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.

b.     Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

 

3.       Kegiatan Penutup (10 menit)

a.     Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai kebermanfaatan dan pentingnya konsep pengukuran dalam kehidupan sehari-hari.

b.     Guru mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

 

 

Rencana Asesmen

Peserta didik mengerjakan tugas, yaitu Uji Pemahaman dari Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 79.

 

Pengayaan dan Remedial

Pada akhir pertemuan bab 1, peserta didik diminta untuk mengerjakan soal pada QR code tersedia pada Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 80.

Refleksi Peserta Didik dan Guru

Refleksi Peserta Didik

Lembar pertanyaan refleksi tersedia pada Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 79 - 80

 

Refleksi Guru

Ø  Apakah pembelajaran dapat berlangsung sesuai rencana?

Ø  Apakah peserta didik yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan terfasilitasi dengan baik?

Ø  Hal-hal apa yang perlu diperbaiki pada aktivitas pembelajaran berikutnya?

 

C.    Lampiran

Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik

Buku IPA Fisika SMA/MA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga.

Buku IPA Fisika SMA/MA Kelas X dari PT Grafindo Media Pratama.

Buku IPA Fisika SMA/MA Kelas 10 dari PT Yrama Widya.

Glosarium

      akurasi : sifat pengukuran yang mendekati nilai sebenarnya

      angka penting : angka hasil pengukuran yang terdiri dari angka pasti dan taksiran

      besaran : sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka

      hipotesis : jawaban sementara terhadap masalah yang masih harus dibuktikan kebenarannya.

      Ketidakpastian pengukuran : kekeliruan pengukuran terhadap nilai sebenarnya

      metode ilmiah : metode sains yang menggunakan langkah-langkah ilmiah dan rasional untuk mengungkapkan suatu permasalahan

      notasi ilmiah : bentuk penulisan terstandar untuk mempermudah penentuan suatu nilai

      presisi : sifat pengukuran yang mendekati nilai yang sama meskipun dilakukan berulang

      satuan : pembanding dalam pengukuran yang ditetapkan berdasar acuan tertentu

      variabel : sesuatu yang memiliki nilai dan dapat diubah

 

Daftar Pustaka

Ganis Sanhaji, Rani N. IPA Fisika SMA/MA Kelas X. Bandung. PT Grafindo Media Pratama.

Marthen K, Adrian P. IPA Fisika SMA/MA Kelas 10. Bandung. PT Yrama Widya.

Ni Ketut Lasmi. 2023. IPA Fisika SMA/MA Kelas X. Jakarta: PT Penerbit Erlangga.


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)