Penilaian Unjuk Kerja Dalam Pembelajaran Fisika

0
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ اارَّØ­ِيم


Penilaian merupakan hal penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Dalam kurikulum, kegiatan penilaian terdiri dari: 
  1. Penilaian pengetahuan, 
  2. Penilaian keterampilan dan 
  3. Penilaian sikap. 
Penilaian pengetahuan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur penguasaan pengetahuan peserta didik, dapat dilakuakn dengan melakukan tugas, Ulangan Harian, PTS dan PAS/PAT. 

Penilaian keterampilan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan untuk melakukan tugas tertentu. Dalam fisika penilaian ini cocok/bisa dilakukan dalam kegiatan praktikum fisika. Jenis penilaian ini bisa berupa unjuk kerja, proyek, dan portofolio. 

Penilaian sikap merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui perilaku peserta didik.

Penilaian keterampilan fisika dalam salah satu kegiatanya adalah melalui kegiatan unjuk kerja. Dalam hal ini peserta didik melakukan kegiatan praktikum. Salah satu yang dilakukan adalah praktikum untuk mengetahui seberapa besar percepatan gravitasi di lingkungan madrasah, dalam hal ini di lingkungan MAN 2 Bantul. Kegiatan unjuk kerja tidak harus dilakukan di ruang laboratorium fisika, tetapi bisa di lingkungan sekitar madrasah. Ini dilakukan agar peserta didik lebih enjoy, lebih fresh tidak terus terusan di dalam ruangan. 

Berikut momen yang terpotret dalam kegiatan unjuk kerja menentukan percepatan gravitasi dengan metode ayunan sederhana. 









Video percobaan peserta didik dapat dilihat di: Video Percobaan Ayunan Sederhana
  


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)