News :
Loading...
Sesungguhnya pada langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasan-Nya bagi orang-orang yang beriman. (QS Al - Jaatsiyah: 3)

MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

header ads

Pengolahan Data Hasil Percobaan Ayunan Sederhana

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Setelah mengumpulkan data percobaan, kegiatan selanjutnya memproses data yang dikumpulkan dan disimpan. Informasi dapat berupa angka dalam tabel, keterangan dalam tabel atau kalimat, dan gambar atau foto. Informasi diolah menjadi kesimpulan dengan bantuan perhitungan, deskripsi atau grafik. Dalam ilmu komputer, kegiatan pembelajaran hanya mencakup kegiatan yang berkaitan dengan teks, yang dikenal dengan istilah DART (Directed Activities Related to Text of Science). Ada beberapa desain perangkat DART ini yang dapat dikembangkan lebih lanjut. Monk (1991) mengembangkan model penerjemahan. Model ini terdiri dari:
1) Mengubah data tabel menjadi grafik
2) Mengubah data tabel menjadi kata atau kalimat. 
3) Mengubah data bentuk grafik menjadi data tabel
4) Ubah data format grafik menjadi kata-kata frase. 
5) Mengubah data gambar menjadi kata atau kalimat
6) Mengubah kata atau kalimat menjadi tabel atau grafik. 

Pengolahan data eksperimen pada pembelajaran fisika tidak semua model selalu digunakan, tergantung dari karakteristik ujian dan kemampuan berpikir yang diajarkan kepada peserta didik.

Setelah peserta didik melakukan percobaan ayunan sederhana dengan mengambil data waktu (t) yang dibutuhkan untuk 10 kali ayunan, peserta didik kemudian mengolah data tersebut untuk memperoleh data periode (T), yang selanjutkan melakukan perhitungan untuk memperoleh percepatan gravitasi dengan persamaan: g = 4.(3,14)2 . l) /T2

Inilah kegiatan peserta didik saat mengolah data hasil percobaan:














Untuk video pada saat percobaan dapat dilihat di: Video Percobaan Ayunan Sederhana







Posting Komentar

0 Komentar