Memahami Capaian
Pembelajaran (CP)
(Keputusan Kepala BSKAP
No.033/H/KR/2022 Tahun 2022) 
• Rasional 
• Tujuan 
• Karakteristik 
• CP setiap Fase 
Merumuskan tujuan
pembelajaran (TP)
• Ide besar 
• Temukan kata kunci 
• Sesuai karakteristik
mapel 
• Minimal 2 TP per
elemen 
• Ada alur TP per
elemen 
• Menggunakan KKO
Anderson 
Menyusun alur tujuan
pembelajaran dari tujuan   pembelajaran (ATP)
• Rangkaian TP yang
tersusun secara sistematis 
• capaian pembelajaran
yang menjadi tujuan belajar dari suatu unit pembelajaran;   
• cara untuk mencapai
tujuan belajar;  
• cara menilai
ketercapaian tujuan belajar 
Merancang Pembelajaran (MP)
• RPP (tujuan
pembelajaran, langkah/proses pembelajaran, dan penilaian pembelajaran 
• Modul Ajar (pada
langkah pembelajaran yang menggunakan media berisi materi-materi
Catatan
• penggunaan alokasi
waktu sifatnya prakiraan (perlu diberi tanda) 
• Untuk pendidikan
khusus TP dapat dibuat sempit, namun harus tergambar bagaimana penjabarannya
dalam perencanaan pembelajaran


