MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

header ads
Sesungguhnya pada langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasan-Nya bagi orang-orang yang beriman. (QS Al - Jaatsiyah: 3)

Gelombang Mekanik dan Sifat-Sifatnya

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Gelombang mekanik merupakan sebuah gelombang yang dalam perambatannya memerlukan medium, yang menyalurkan energi untuk keperluan proses penjalaran sebuah gelombang. Gejala gelombang pada Slinki maupun tali merupakan gejala gelombang mekanik. Gelombang pada air dan gelombang bunyi juga termasuk gelombang mekanik. Gelombang-gelombang ini ditimbulkan oleh adanya getaran mekanik. 

1. Jenis-Jenis Gelombang Mekanik

Berdasarkan arah rambat dan arah getarnya, gelombang dibedakan menjadi dua sebagai berikut

a. Gelombang transversal yaitu jenis gelombang yang arah rambatnya tegak lurus dengan arah getarnya. Contoh gelombang jenis ini adalah gelombang pada tali. Perhatikan gambar berikut! 

b. Gelombang longitudinal yaitu jenis gelombang yang memiliki arah rambat sejajar dengan arah getarnya. Contoh gelombang longitudinal adalah gelombang pada slinki. Perhatikan gambar berikut! 

2. Sifat-Sifat Gelombang Mekanik 

Sifat-sifat gelombang mekanik antara lain sebagai berikut. 

Dapat Dipantulkan (Refleksi) 

Refleksi (pemantulan) adalah pembalikan arah rambat gelombang karena membentur suatu medium yang tidak dapat ditembus oleh gelombang tersebut. Dalam pemantulan gelombang berlaku hukum pemantulan gelombang yaitu sebagai berikut. 

1) Besar sudut datangnya gelombang sama dengan besar sudut pantul gelombang. 

2) Gelombang datang, gelombang pantul, dan garis normal terletak “pada satu bidang datar. 

Dapat Dibiaskan (Refraksi) 

Refraksi (pembiasan) adalah pergeseran arah rambat gelombang karena melalui medium yang dapat ditembus, tetapi berbeda kerapatannya dengan medium pembawa gelombang tersebut. 
Sebagai contoh ketika suatu gelombang cahaya dibawa oleh udara dan masuk ke dalam air. 

Dapat Dipadukan (Interferensi) 

Interferensi adalah perpaduan dua buah gelombang. Jika kedua gelombang yang dipadukan memiliki fase sama, kedua gelombang tersebut akan saling menguatkan sehingga disebut interferensi konstruktif, sedangkan jika fasenya berlawanan, kedua gelombang tersebut akan saling melemahkan sehingga disebut interferensi destruktif. 

Dapat Dibelokkan/Disebarkan (Difraksi) 

Difraksi (pembelokan/penyebaran) gelombang adalah pembelokan atau penyebaran gelombang ketika melalui suatu celah tertentu. Semakin sempit celah yang dilewati, difraksi yang terjadi akan semakin tampak. 



Dapat Berubah Bentuk (Dispersi) 

Dispersi adalah terjadinya perubahan bentuk gelombang ketika gelombang tersebut melalui suatu medium tertentu. Sebagai contoh adalah gelombang cahaya putih yang menjadi berwarna ketika melewati prisma. Tidak semua medium dapat membuat perubahan bentuk, hanya beberapa medium tertentu, sedangkan medium yang dapat mempertahankan bentuk gelombang itu disebut medium nondispersi. 

Posting Komentar

0 Komentar