Belajar Ala Einstein

0
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ اارَّØ­ِيم




Orang genius biasanya memiliki kebiasaan yang tidak umum atau terbilang unik, termasuk kebiasaan belajar yang dimiliki oleh Albert Einstein.

Sebagai fisikawan dan ilmuwan yang meneliti banyak teori, Einstein bisa menyeimbangkan belajar dengan kehidupannya dengan kebiasaan yang tepat.

Lantas apa saja kebiasaan belajar yang dilakukan Einstein? berikut rangkumannya dikutip dari Lifehack.org.

Kebiasaan Belajar Einstein:

1. Selalu Penasaran dan Bertanya Segala Hal
Einstein pernah mengatakan bahwa dirinya bukanlah orang yang punya bakat khusus, melainkan orang yang sangat penasaran. Ketika diajarkan sesuatu atau belajar tentang berbagai hal, yang dilakukan pertama adalah jangan menerima sebagai fakta atau menyimpulkan dengan cara yang sama.

Sebaliknya, selidiki dengan sungguh-sungguh dan pertanyakan mengapa fakta itu bisa muncul. Jika seseorang menerima segala sesuatu tanpa menyelidiki maka orang itu tidak pernah benar-benar belajar.

2. Biarkan Pikiran Mengembara
Einstein menyadari bahwa beberapa pemikiran terbaiknya dilakukan sambil melamun dan membiarkan pikirannya melayang. Misal, ketika merasa buntu, terutama saat menulis makalah atau menyusun proposal, biarkan diri kehilangan fokus dan biarkan pikiran pergi ke tempat lain.

3. Memiliki Minat yang Seimbang
Einstein memperlihatkan bahwa keseimbangan belajar itu penting. Dia tetap bermain biola, mempertahankan kehidupan sosial, dan belajar tanpa henti.

Bagi sebagian orang mungkin hal ini terlihat sulit dan membutuhkan keahlian manajemen waktu. Tapi menurut Einstein penting untuk bersikap fleksibel dalam hal minat dan hobi agar bisa belajar lebih banyak dan tertarik pada banyak hal.

4. Cari Tahu Cara Belajar yang Tepat
Salah satu cara belajar Einstein adalah sering meminta teman-teman membuat catatan untuknya di kelas saat dia sedang membaca tentang fisika dan matematika.

Kebiasaan unik ini mungkin tidak bisa ditiru secara langsung, tapi yang jelas Einstein telah memahami bagaimana dia bisa menyimpan informasi dengan baik dan dapat menyesuaikan kebutuhan belajar.

5. Memiliki Lingkungan dengan Orang-Orang Cerdas
Cara ini bukanlah untuk memilih teman, tapi setidaknya kamu memiliki lingkungan dengan orang-orang cerdas agar bisa mendukung gairah untuk selalu belajar.

Hal paling mudah untuk terinspirasi melakukan sesuatu adalah ketika ada orang-orang yang sangat ahli dalam hal itu di sekitar kita. Dalam hal pendidikan dan pembelajaran, Einstein dikelilingi dengan mentor, guru, dan orang-orang yang umumnya menginspirasi.

6. Berpikir Sendiri
Era modern membuat orang banyak memikirkan dan membutuhkan pendapat orang lain tanpa berusaha berpikir sendiri. Hal itu bisa membuat orang akhirnya terjebak dengan apa yang orang lain pikirkan atau katakan.

Einstein pernah sangat curiga terhadap otoritas pendidikan dan terus-menerus mempertanyakan hal-hal yang diajarkan kepadanya. Namun, ia tidak pernah membiasakan berdebat dengan profesor, tetapi mengembangkan kebiasaan berpikir untuk diri sendiri dan di dunia nyata, bukan di media sosial yang terfilter.

7. Anti Drama
Einstein hampir tidak pernah peduli dengan semua peristiwa yang terjadi di sekitarnya. Terutama jika berkaitan dengan hal yang tidak menarik dan mengandung banyak 'drama'.

Hal ini bukan memberi contoh keegoisan untuk tidak peduli terhadap lingkungan, tapi membantu agar tidak terjebak dalam drama yang sering ada di media sosial ataul sekitar.

Nah, itulah 7 kebiasaan belajar Einstein yang membuatnya jadi Genius.

Sumber : repost dari detik.com

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)