MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

header ads
Sesungguhnya pada langit dan bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasan-Nya bagi orang-orang yang beriman. (QS Al - Jaatsiyah: 3)

Pemanfaatan Sifat Elastis Bahan

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Pegas termasuk benda elastis sehingga akan kembali kebentuk semula apabila gaya yang bekerja pada pegas dihilangkan. Sifat pegas tersebut banyak dimanfaatkan dalam produk teknologi. Berikut dijelaskan pemanfaatan pegas dalam produk teknologi:
  1. Alat Ukur Gaya Tarik Kereta Api
    Alat ini dilengkapi dengan sejumlah pegas yang disusun sejajar. Pegas-pegas ini dihubungkan ke gerbong kereta api saat kereta akan bergerak. Hal ini di lakukan untuk diukur gaya tarik kereta api sesaat sebelum meninggalkan stasiun.
  2. Neraca Pegas
    Neraca pegas atau dinamometer digunakan untuk mengukur gaya. 
    Pada di atas adalah neraca pegas. Sebelum dipakai, neraca pegas telah dikalibrasi pabrik sehingga pertambahan panjang pegas ketika ditarik atau ditekan oleh sebuah gaya telah dikonversi ke skala newton. Neraca pegas ada yang memiliki gir untuk mengubah pertambahan panjang pegas menjadi gerakan jarum penunjuk.
  3. Pegas digunakan pada sistem suspensi kendaraan bermotor untuk meredam kejutan. Perhatikan Gambar: 
    Apabila kendaraan bermotor tidak memiliki sistem suspensi tersebut, pengendara akan cepat lelah dan merasa tidak nyaman ketika berkendara. Pegas ini sangat diperlukan pada saat kendaraan melewati jalan yang tidak rata atau jalan berlubang. Berat pengendara menekan pegas sehingga termampatkan ketika melewati jalan berlubang. Pegas kembali ke panjang semula begitu kendaraan berada di jalan rata. Dengan demikian, pengendara hanya merasakan sedikit ayunan sehingga tidak melelahkan.
  4. Peran sifat elastis dalam rancang bangun.  Untuk menentukan jenis logam yang akan digunakan dalam membangun sebuah jembatan, pesawat, rumah, dan sebagainya maka modulus Young, tetapan pegas, dan sifat elastis, logam secara umum harus diperhitungkan.

  5. Pegas pada setir mobil. Pada beberapa mobil, setir kemudi dirancang secara khusus untuk menjaga keselamatan pengemudi. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi agar pengemudi tidak terluka parah saat kecelakaan. Kolom setir akan memendek dan bergeser miring untuk menghindari benturan dengan dada pengemudi seperti ditunjukkan oleh gambar.

  6. Kasur Pegas
    Anda akan merasa nyaman ketika beristirahat di atas kasur pegas. Kasur pegas akan membentuk permukaan yang sesuai dengan tubuh Anda. Ketika Anda berbaring di atas kasur pegas, berat badan Anda akan menekan pegas-pegas kasur sehingga termampatkan. Pegas-pegas di dalam kasur akan memendek sesuai bentuk badan Anda. Kasur pegas akan kembali ke bentuk semula setelah Anda beranjak dari kasur. Hal ini terjadi karena pegas
    termasuk benda elastis.


  7. Busur Panah
    Zaman dahulu, busur panah digunakan sebagai peralatan berburu. Dengan memanfaatkan elastisitas busur panah tersebut, anak panah dapat terlempar dan mengenai sasaran. Saat ini, panah digunakan sebagai alat untuk berolahraga yang disebut panahan. Penggunaan busur panah ditunjukkan oleh gambar.

    Sumber: BSE Fisika 2, Aip S, Pujianto, Setya


Posting Komentar

0 Komentar