MEDIA BELAJAR FISIKA

Rabu, 24 Februari 20210 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Guru harus merancang, menyiapkan, menyusun, dan membuat media pembelajaran fisika sedemikian rupa, sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran secara efektif dan efisien sesuai dengan fungsinya. Oleh karena itu, media yang digunakan dalam proses pembelajaran merupakan suatu karya yang digolongkan sebagai “teknologi dalam pembelajaran”. Berikut beberapa jenis media dalam pembelajaran.

Pada dasarnya, jenis media yang tergolong alat bantu hampir tidak menunjukkan perbedaan untuk semua mata pelajaran. Dalam pembelajaran fisika digunakan berbagai alat bantu charta dan gambar, seperti tabel besaran pokok, tabel koefisien konversi satuan, tabel Modulus Young, tabel koefisien muai panjang beberapa zat, dan tabel konstanta fisika, serta gambar bahan dan peralatan fisika.
Jenis media alat peraga memiliki karakter yang berbeda untuk setiap mata pelajaran. Gambar berikut menunjukkan beberapa contoh alat peraga untuk mata pelajaran Fisika.

Sumber media pembelajaran Fisika dapat juga memanfaatkan model simulasi yang bisa diunduh dari berbagai laman internet juga termasuk media/alat peraga model. Selain itu, juga diperlukan sumber belajar, yaitu rujukan, objek, dan bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Sumber belajar dapat berupa buku teks mata pelajaran, majalah, koran, berita di televisi dan radio, situs internet, pendapat nara sumber, dan lingkungan. Guru dapat dengan bijaksana memberikan berbagai sumber belajar yang sesuai kepada peserta didik.

Sumber: Buku Guru Fisika Kelas X, Bumi Aksara
Silakan bagikan artikel ini :

Posting Komentar

 
Admin : Mr. Iksan
No Copyright © 2011. GENERASI FISIKA