LANGIT DAN BUMI DITAHAN (28)

Minggu, 23 Juni 20190 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Oleh : Agus Purwanto, D.Sc. 
(Dosen Fisika ITS, Penggagas Pesantren Sains TrenSains)


Pada ayat terdahulu, disebutkan langit ditinggikan. Jika bumi tempat manusia tinggal dijadikan acuan maka langit ibarat permukaan bola, ditinggikan berarti jejari diperbesar. Akibatnya, permukaan bola langit pun semakin luas. Dan Kami Yang meluaskannya.

Fatir (فاطر) / 35:41)

اِنَّ اللّٰہَ یُمۡسِکُ السَّمٰوٰتِ وَ الۡاَرۡضَ اَنۡ تَزُوۡلَا ۬ۚ وَ لَئِنۡ زَالَتَاۤ اِنۡ اَمۡسَکَہُمَا مِنۡ اَحَدٍ مِّنۡۢ بَعۡدِہٖ ؕ اِنَّہٗ کَانَ حَلِیۡمًا غَفُوۡرًا
"Sesungguhnya Allah menahan langit dan bumi supaya jangan lenyap; dan sungguh jika keduanya akan lenyap tidak ada seorangpun yang dapat menahan keduanya selain Allah. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun".

Kamus:
إِنَّ sesungguhnya -
اللَّهَ Allah - 
يُمْسِكُ (Dia) menahan - 
السَّمَاوَاتِ langit - 
وَالْأَرْضَ dan bumi - 
أَنْ bahwa -
تَزُولَا tidak lenyap -
وَلَئِنْ dan jika - 
زَالَتَا keduanya lenyap - 
إِنْ jika -
أَمْسَكَهُمَا menahan keduanya -
مِنْ dari - 
أَحَدٍ seseorang -
بَعْدِهِ sesudah-Nya/selain Dia - 
إِنَّهُ sesungguhnya Dia - 
كَانَ adalah - 
حَلِيمًا Maha Penyantun - 
غَفُورًا Maha Pengampun -


Ayat ini melengkapi informasi informasi yg disebut terdahulu, langit ditinggikan.
Lengkapnya menjadi langit ditahan dan dinggikan.

Langitt dan bumi ditahan agar tidak lenyap. Dengan demikian, jika tidak ditahan maka langitt dan bumi akan lenyap. Lenyap itu berarti hancur menjadi tidak berupa langit dan bumi. Seperti rumah yg hancur misal karena gempa dan angin puting beliung, maka rumah menjadi kumpulan pecahan kaca, genteng dan tembok; kayu yg berserakan dan bbrp lagi.
Langitt jatuh tentu ke bumi yg dijadikan acuan. Jarak langitt mengecil, langitt dengan berbagai isinya mendekat ke bumi. 

Isi langit tersebut akhirnya bertabrakan satu dengan yang lainnya. Hasilnya adalah kehancuran isi langitt dan bumi. Langitt, bumi dan isinya hancur, lenyap.
Ini terjadi jika langitt dan bumi tidak ditahan. Dalam bahasa fisika, gayaa yg mendorong langit berkembang tidak lagi cukup kuat maka langit akan mengecil, mengerut dan menyempit. Langit tak lagi mengembang tetapi sebaliknya langit berkontraksi hingga akhirnya menghasilkan kehancuran. Bumi, langitt dan isinya hancur, lenyap.

Orang fisika menyebut kejadian akhir ini dengan The Big Crunch, kehancuran besar.


Wallaahua'lam
Bagikan artikel ini :

Posting Komentar

 
Support : Mr. Iksan
Copyright © 2011. GENERASI FISIKA - All Rights Reserved
Proudly powered by: Fisikane