HUKUM GERAK SEBELUM NEWTON (bag 1)

Selasa, 18 Desember 20180 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Hukum gerakan mengandung sesuatu paling penting bagi teori peradaban kontemporer. Terutama bagi setiap pengetahuan tentang alat. alat pergerakan dalam masa yang akan datang. seperti mobil, kereta api, pesawat. sampai roket ruang angkasa dan satelit yang melintasi antar benua dan lainnya, yang telah dibangun dan menjadi pusat peradaban modem. Juga teori teori gerakan gas manusia di ruang angkasa luar yang sanggup menapakkan kaki di daratan bulan. Juga teori teori gerakan sedemikian unggul tentang dasar dasar ilmu fisika yang darinya terbentuk atau timbullah gerakan. 

Mata merupakan daya gerakan cahaya. Suara adalah daya gerakan benda-benda padat (sinar). Listrik  adalah gerakan daya. elektronik... dan begitu seterusnya. Selama ini, yang dikenal di kalangan masyarakat, baik di barat maupun di timur, bahwa yang menemukan teori-teori besar ini adalah  ilmuan Inggris Isaac Newton. Pemahaman itu ada sejak disebarkan karya bukunya bukunya yang berjudul Philosophia Naturalis Prinapia Mathematica.

Hal itu dikenal di seluruh dunia. bahkan menjadi rujukan ilmia termasuk juga sekolah-sekolah kaum Muslimin sampai hal itu terungkap pada abad kedua puluhan. Dimulai dari makin tinggi gairah penelitian wixwan ilmuan tentang alam semesta dari kalangan kaum Muslimin sekarang.  

Di antara mereka adalah Dr. Musthafa Nazhif, salah seorang fisikawab.  Juga Dr Jalal Syauqi pakar arsitektur mekanik. Dr. Ali Abdullah Ad Difa" seorang ilmuan matematika. Mereka antusias mengadakan penelitian dan kajian yang terdapat dalam manuskrip-manuskrip Islam dalam Mang tersebut. Lantas terkuaklah keunggulan yang sebenarnya dalam penemuan tenri-teori tersebut. Semua itu merujuk kepada para ilmuwan Islam. 

Ternyata yang dinyatakan Newton dan keunggulannya di bidang tersebut terhimpun dalam materi teori-teori serta berasal dari temuan ilmuan kaum Muslimin. 

Sungguh jauh dari emosi dan omongan teori semata-mata, kesungguhan ilmuan kaum Muslimin dalam masalah tersebut sangat nyata tidak bisa dipungkiri. Hal itu dikuatkan dengan banyak tulisan yang ditulis dalam buku-buku mereka. Mereka telah menulis sebelum zaman Newton dengan selisih tujuh abad. Kita akan melihat di antara teori-teori tersebut sebagai berikut: 

Bersambung.....  

Bagikan artikel ini :

Posting Komentar

 
Support : Mr. Iksan
Copyright © 2011. GENERASI FISIKA - All Rights Reserved
Proudly powered by: Fisikane