Bagaimana seandainya bumi tidak mempunyai gaya gravitasi

Jumat, 20 Februari 20092komentar

Benda-benda yang berada di atas bumi ini seolah-olah lengket dengan bumi dan tidak bisa melayang ke angkasa. Hal itu akan berbeda jika benda-benda tersebut berada di bulan. semua benda yang berada di bulan akan melayang-layang tidak tentu arah. mengapa benda-benda di bumi tidak bisa melayang? Ya, karena pengaruh gravitasi, yaitu kekuatan gaya tarik bumi terhadap benda-benda di atasnya.

Sayangnya gravitasi adalah salah satu yang sering kita abaikan. Ada 2 alasan mengapa diabaikan.

1. Selalu Ada

Seandainya gravitasi bumi pernah berubah, tentu akan berpengaruh besar pada hampir semua hal karena banyak sekali hal-hal di dunia dirancang dan dibuat berdasarkan keadaan gravitasi bumi.

Sebelum melihat perubahan pada gravitasi, alangkah baiknya jika pertama-tama kita mengerti apa gravitasi itu. Seperti diungkapkan sebelumnya bahwa gravitasi adalah kekuatan tarik menarik antara dua atom apapun. Misalnya, kamu mengambil 2 bola golf dan meletakkan di meja. Selanjutnya, akan ada sedikit gaya tarik gravitasi yang luar biasa antara atom-atom pada 2 bola golf tersebut. Apabila kamu menggunakan 2 potongan timah yang besar, kamu dapat mengukur gaya tarik yang sangat kecil terjadi di antara keduanya. Hanya ketika kamu menemukan sejumlah atom besar yang tergabung menjadi satu, seperti pada kasus planet bumi ternyata kekuatan gaya tarik gravitasinya sangat besar.

2. Tidak berubah.

Alasan mengapa gravitasi bumi tidak pernah berubah adalah karena massa bumi tidak pernah berubah. Satu-satunya cara untuk mengubah gravitasi bumi, berarti akan mengubah massa planet. Suatu perubahan massa cukup besar yang menghasilkan perubahan gravitasi tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Akan tetapi, marilah kita abaikan ilmu fisika dan kita membayangkan bahwa suatu hari gravitasi di planet ini terhenti dan tiba-tiba tidak ada kekuatan gravitasi pada planet bumi. Apa yang terjadi ?

Hari itu akan menjadi hari penuh bencana. Kita tergantung pada gravitasi untuk menahan sesuatu tetap berada di bawah, sepeti mobil-mobil, orang, perabotan, pensil, kertas, dan lainnya. Segala sesuatu tidak terpaku pada tempatnya akan melayang ke mana-mana. Akan tetapi bukan hanya perabotan dan barang-barang sejenis saja yang akan melayang. Dua benda yang lebih penting yang bertahan di tempatnya karena gravitasi yaitu atmosfer dan air pada lautan, danau, dan sungai-sungai akan melayang juga. Tanpa gravitasi, udara di atmosfer tidak mungkin akan bertahan menggantung, tetapi akan melompat dengan segera ke ruang angkasa. Hal ini seperti keadaan di bulan, karena bulan tidak memiliki gravitasi yang cukup untuk atmosfer di sekelilingnya, maka bulan hampir vakum atau hampa udara. Tanpa atmosfer, semua bentuk kehidupan akan mati dan segala macam cairan akan mendidih di runag angkasa. Dengan kata lain, tidak ada satupun yang dapat bertahan jika planet memiliki gravitasi.

Bagikan artikel ini :

+ komentar + 2 komentar

Anonim
12 November 2013 17.58

Bagaimana Jika Tidak Ada Gravitasi di Bumi?
Menurut Mandalajati Niskala: Sebenarnya semua orang DENGAN MUDAH SEKALI akan dapat membayangkan sebuah keadaan yang akan terjadi jika Bumi kehilangan Gaya Gravitasi dan sayang sekali jawaban di atas BERBELIT-BELIT dan sedikit PENUH REKAYASA & KEBOHONGAN.

Pertanyaan tersebut di atas sebenarnya KURANG MENARIK.
Ada tiga pertanyaan di bawah ini cukup menantang bagi orang-orang yang berpikir:
1) BAGAIMANA TERJADINYA GAYA GRAVITASI DI PLANET BUMI?
2) BAGAIMANA MENGHILANGKAN GAYA GRAVITASI DI PLANET BUMI?
3) BAGAIMANA MEMBUAT GAYA GRAVITASI DI PLANET LAIN YG TIDAK MEMILIKI GAYA GRAVITASI?

Tentu tidak akan saya jawab disini.
Sunda memiliki semua jawaban tersebut secara tuntas.
Selamat berfikir
Mandalajati Niskala

13 November 2013 10.12

silakan mas......untuk berbagi ilmunya atas pertanyaan-pertanyan tersebut. terima kasih

Posting Komentar

 
Support : Mr. Iksan
Copyright © 2011. GENERASI FISIKA - All Rights Reserved
Proudly powered by: Fisikane