Perkembangan Teknologi Digital Fisika Dalam Kehidupan

0
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ اارَّØ­ِيم


Teknologi membantu membuat dunia kita lebih sederhana dan lebih maju. Kemajuan digital dapat mendukung dan mempercepat pembangunan berkelanjutan, mengurangi kemiskinan ekstrim, mengurangi angka kematian, menyediakan pertanian berkelanjutan dan pekerjaan yang layak, dan mencapai keaksaraan universal.

Teknologi digital sendiri adalah alat, sistem, perangkat, dan sumber daya elektronik yang dapat menghasilkan, menyimpan, atau memproses data. Contoh teknologi digital yang paling dekat dengan kita adalah media sosial, game online, multimedia dan handphone.

Teknologi digital telah maju lebih cepat daripada inovasi apa pun, mencapai sekitar 50% populasi dunia hanya dalam 20 tahun. Teknologi dapat membantu banyak hal dalam hidup dengan meningkatkan konektivitas, inklusi keuangan, dan akses ke layanan komersial dan publik. Salah satu hal yang mendorong perkembangan teknologi digital adalah bidang pendidikan. Pembelajaran digital mencakup semua jenis pembelajaran yang menggunakan teknologi. Ini dapat terjadi di bidang pembelajaran apa pun, termasuk teknik fisika digital.

Pengertian Teknologi Digital

Kata "digital" berasal dari bahasa Latin digitus = jari, dan mengacu pada salah satu alat hitung tertua. Ketika informasi disimpan, ditransmisikan, atau dibagikan dalam bentuk digital, informasi tersebut diubah menjadi angka. Angka-angka tersebut adalah "0 dan 1" pada tingkat mesin paling dasar.

Definisi teknologi digital mencakup semua perangkat elektronik, sistem otomatis, perangkat teknologi, dan sumber daya yang menghasilkan, memproses, atau menyimpan informasi.

Perbedaan antara teknologi analog dan digital adalah teknologi analog mengubah data menjadi irama elektrik dengan amplitudo ganda, sedangkan teknologi digital mengubah informasi menjadi sistem biner, nol atau satu, di mana setiap bit diwakili oleh dua menjadi simbol amplitudo.

Aplikasi Fisika dalam Teknologi Digital

Dalam Physics Behind Digital Technology berjudul Pramana Research Journal yang ditulis oleh Sreelatha dan Showrilu, berbagai bentuk storage seperti floppy disk, hard drive, dan CD merupakan teknologi fisik digital yang menerapkan konsep magnet, fisika laser, dan optik.
1. Teknologi Semikonduktor

Konsep fisika semikonduktor dan mekanika kuantum membuka jalan bagi pengembangan sirkuit terpadu. Penemuan magnetoresistance raksasa telah memungkinkan miniaturisasi hard drive dalam beberapa tahun terakhir. Untuk dapat membaca data dari compact drive, kepala baca sensitif telah menjadi kebutuhan dalam beberapa tahun terakhir.
Sumber: Berita Teknologi.com

Kepala baca yang sangat sensitif dapat membaca data dari hard drive kompak yang digunakan di laptop dan beberapa pemutar musik. Teknologi fisika digital, dalam bentuk CD, memfokuskan laser infra merah ke piringan logam, mengungkap 'lubang' dan 'bumi' yang mewakili '0' dan '1'. Sinyal balik dimodifikasi oleh sensor fotodioda. Pemindai memecah foto menjadi piksel kecil. Ini menciptakan larik angka biner yang mewakili kecerahan atau warna (RGB) piksel. Dalam perangkat layar, tabung sinar katoda, kristal cair, dan konsep fisika plasma memainkan peran penting.

2. Teknologi Pencitraan

Berdasarkan prinsip-prinsip fisika, ada kemajuan baru yang menakjubkan dalam teknologi pencitraan. Teknologi ini memungkinkan dokter untuk melihat ke dalam tubuh untuk melihat organ vital mana yang berfungsi, mengidentifikasi penyumbatan dan pertumbuhan, dan bahkan mendeteksi tanda-tanda penyakit yang baru muncul. Semua ini dapat dilakukan tanpa trauma operasi eksplorasi. Akibatnya, diagnosis gangguan keselarasan telah membuat kemajuan luar biasa dalam sejarah kedokteran.
https://geo-media.blogspot.com/

Pemrosesan citra adalah teknik untuk menganalisis, meningkatkan, mengompresi, dan merekonstruksi gambar. Pengenalan pola adalah proses pengurangan informasi. Penugasan pola visual atau logis ke kelas didasarkan pada karakteristik pola tersebut dan hubungannya. Teknologi ini banyak digunakan dalam astronomi, kedokteran, robotika industri, dan satelit penginderaan jauh.

3. Fiber Optik
Transmisi sinyal digital melalui kabel optik memperluas penggunaan konsep refleksi internal total. Teknologi lain seperti transmisi gelombang mikro dan transmisi infra merah juga didasarkan pada konsep dasar fisika. Kemampuan untuk mentransfer sejumlah besar data diukur terhadap batas fisik.
maxmanroe.com

Karena mengirim dan menerima sinyal didasarkan pada prinsip fisika, komputer sebenarnya juga memiliki teknologi fisika digital. Mereka mengubah gelombang radio analog menjadi sinyal digital saat elektron bergelombang di papan sirkuit.
4. GPS


Navigasi GPS peka terhadap perhitungan nanodetik yang berasal dari teori relativitas umum Einstein. Pemindaian PET menggunakan pencitraan tubuh 3D yang dimungkinkan oleh fisika partikel. Bahkan World Wide Web adalah artefak fisika yang disatukan oleh Tim Berners-Lee untuk mengirimkan file besar data fisika sebagai CERN.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)